28 Mei 2018 15:23

Keberanian untuk Peduli Sesama dan Lingkungan

MyPassion
Paskahril Mumu (Dok.Pribadi)

PADA Sabtu (26/5), finalis Remaja Teladan (Retel) GMIM Rayon 2 Manado Tahun 2018 melaksanakan kegiatan road show. Sebanyak 16 finalis, tujuh putra dan sembilan putri, ikatan, panitia dan koordinatorium pemilihan Retel Rayon 2 Manado berkumpul di GMIM Sion Malalayang untuk membuka kegiatan sepanjang hari.

Setelah dibuka, rombongan berpindah ke kawasan Pantai Malalayang. Di sana, para finalis melakukan aksi cinta lingkungan dengan mengangkat sampah-sampah yang ada di sekitaran Pantai Malalayang. Ketua ikatan Retel Rayon 2 Manado Gerald Hauw menjelaskan alasan mengapa tempat dan kegiatan ini dipilih.

Spot ini (Pantai Malalayang) dipilih karena masih dalam lingkup Rayon 2 Manado. Kegiatan ini juga diharapkan untuk terus dilakukan di kehidupan sehari-hari dari para finalis. Karena ketika satu orang finalis dapat memengaruhi satu orang, akan menjadi dua kali lipat dan pada akhirnya bisa menciptakan Manado yang lebih bersih,” tutur Gerald.

Kegiatan dilakukan selama kurang lebih 1 jam. Road show berlanjut di Panti Tunanetra Bartemeus, Malalayang 1. Para finalis, ikatan, panitia serta koordinatorium Rayon 2 Manado mengadakan ibadah bersama serta bakti sosial bersama anak-anak dan pengurus panti.

Dalam sambutannya, pengurus panti mengaku bersyukur atas kedatangan keluarga besar Retel Rayon 2 Manado. Juga memberi motivasi kepada para finalis untuk terus berani menghadapi ‘perang’ sebagai remaja zaman sekarang.

Grha Pena Manado Post menjadi lokasi terakhir untuk kegiatan road show Retel Rayon 2 Manado tahun 2018. Para finalis menerima materi tentang dasar-dasar jurnalistik dari Redaktur Manado Post Grand Regar dan Pemimpin Redaksi Manado Post Online Kenjiro Tanos. Sebelum materi, Wakil Direktur Manado Post Group, Tommy Waworundeng memberi penjelasan singkat tentang Manado Post Group dan memberi motivasi kepada para finalis.

Di akhir kegiatan, Ketua Panitia Pemilihan Retel Rayon 2 Manado Tahun 2018, Pnt Stevie Kaligis mengucapkan terima kasih kepada pihak Manado Post Group untuk materi yang sudah diberikan. Kegiatan road show pun ditutup dengan doa dan foto bersama.

Setelah seluruh kegiatan selesai, Pnt Stevie menjelaskan mengapa kegiatan road show penting dilakukan dalam kegiatan Retel. “Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan Retel kepada publik,” kata Pnt Stevie.

Wakil I Retel Putra Rayon 2 Manado Tahun 2017, Timothy Sambuaga pun mengutarakan alasannya. “Untuk memperkenalkan Retel kepada orang-orang di sekitar dan untuk mengemban tugas kita sebagai orang Kristen, yaitu untuk memancarkan terang di depan banyak orang,” ujarnya.

Menurutnya, ketika road show tidak dirancang dan dilaksanakan dengan benar, kita tidak melakukan tugas kita dengan benar. “Kegiatan ini juga sarana untuk berdamai dengan sesama manusia dan lingkungan” pungkas Timothy. (***)

 

Penulis: Paskahril Mumu, GMIM Syaloom Karombasan
Finalis Retel GMIM Rayon 2 Manado 201

Kirim Komentar