28 Mei 2018 14:29

Kain Koffo Sangihe Terus Dikembangkan

MyPassion
Penyerahan kain koffo kepada bupati dan wabup Sangihe, belum lama ini. (Sriwani Adolong/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Beragam potensi yang bernilai seni budaya dan historis atau sejarah ternyata banyak dimiliki Kabupaten Kepulauan Sangihe. Salah satunya kain koffo. "Dukungan pemerintah daerah yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe pada revitalisasi kain koffo harus dikembangkan. Karena kain koffo asal Sangihe-Talaud adalah kain  yang kaya akan nilai sejarah dan warisan budaya," ungkap Cindy Wowor, pemerhati kain koffo, saat ibadah syukur setahun pemerintahan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE belum lama ini.

Lanjutnya, kain tersebut jika dibeli tentunya memiliki nilai yang sarat akan seni budaya dan warisan Sangihe. Lagipula potensi kain tenun koffo bisa dikembangkan lebih luas lagi dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Sangihe. 

"Bahkan kain koffo ditemukan di beberapa museum di sejumlah negara luar negeri. Penting untuk mengembangkan potensi ini, agar kain tenun koffo asal Sangihe tak hanya disimpan dalam museum. Namun sebaliknya terus didorong pengelolaannya," bebernya. 

Ia juga menambahkan, upaya yang dilakukan yakni salah satunya mendaftarkan kain tenun koffo agar terdaftar indikasi geografinya. "Di Indonesia baru tiga daerah yang sudah didaftarkan indikasi geografinya, salah satunya Maluku. Tentunya terus berupaya agar kain tenun koffo Sangihe juga terdaftar indikasi geografinya secara jelas dan tepat. Potensi dapat dioleh oleh pemerintah daerah dan dapat dinikmati masyatakat," pungkasnya.(wan/tan)

Kirim Komentar