28 Mei 2018 10:53

KPK: Edaran Gratifikasi Unsrat Palsu

MyPassion

JAKARTA—KPK membeber, adanya surat edaran yang ditujukan pada rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado dan dekan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado. Isi surat itu berkaitan dengan informasi adanya gratifikasi.

 

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menegaskan bila surat itu palsu. KPK meminta agar semua pihak yang menemukan surat itu atau hal serupa untuk melapor ke polisi. “Surat itu bukan berasal dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Kami pastikan surat itu palsu,” kata Febri kepada detikcom, Minggu (27/5).

“Bagi universitas atau pihak lain yang menerima surat itu dan disertai permintaan fasilitas atau uang, segera laporkan pada kepolisian setempat. Waspadai KPK palsu yang berdalih menerima informasi atau menjanjikan bisa mengurusi kasus-kasus tertentu. Sudah banyak yang ditangkap atas kerja sama KPK bersama Polri,” tandas Febri.

Terpisah, Rektor Unsrat Prof Ellen Kumaat mengatakan, sangat menyesalkan perbuatan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab, yang hanya akan memprovokasi Unsrat dengan berbagai isu palsu atau berita hoax.

“Kita maklumi bersama ini masih suasana pilrek, berbagai cara bisa dilakukan oleh oknum yang hanya ingin memancing di air keruh. Sengaja menghembuskan isu palsu untuk menjatuhkan rektor, bukan hal yang baru, saya bahkan kami pimpinan Unsrat, sudah terbiasa,” ungkapnya semalam.

“Tapi satu hal yang pasti, Unsrat akan selalu solid, tak mudah diprovokasi apalagi oleh berita hoax atau palsu, doakan saja pelakunya supaya sadar,” tutur Prof Ellen.

Ia pun meyakini, jika perjalanan Unsrat sangat panjang dan tak mungkin mundur kembali hanya karena pilrek atau maksud apapun yang tidak baik. “Unsrat akan terus maju dan membangun pendidikan yang unggul dan berbudaya. Tak perduli seberapa besar tantangan yang harus dihadapi, kami akan bergandengan tangan mengatasi ini semua, Tuhan pasti akan membukakan jalan, sebaliknya orang yang memiliki niat jahat akan terungkap dengan sendirinya,” tambahnya.

Kumaat pun mengajak civitas akademika Unsrat agar tidak mudah terpengaruh dengan berbagai isu negatif. Terus bersemangat membangun dan mengembangkan pendidikan yang ada.

“Sejauh ini pengembangan Unsrat sudah sangat baik, BLU da akreditasi A sudah dalam genggaman kita, jangan lepaskan, teruslah mengukir prestasi untuk kejayaan dan kesejahteraan Unsrat ke depan,” kunci Prof Elle.

Diketahui, isi surat itu; Kepada Yth: Bapak/Ibu Rektor Universitas Sam Ratulangi, Bapak/Ibu Dekan Fakultas Kedokteran, Bapak/Ibu Kepala Bagian Fakultas Kedokteran, Para Bendaharawan masing-masing fakultas/bagian di Universitas Sam Ratulangi Manado. Dengan hormat.

Bersama ini diberitahukan kepada Bapak/Ibu Pimpinan Akademi Universitas Sam Ratulangi, bahwa pihak kami/KPK telah menerima informasi mengenai gratifikasi atau sumbangan uang dari masing-masing calon mahasiswa, calon spesialis, dan calon doktoral.

Untuk itu kami pihak KPK telah mendapatkan data semua nomor HP dari masing-masing Bapak/Ibu dan telah kerja sama dengan PPATK dalam hal gratifikasi atau sumbangan uang tersebut Untuk itu mohon edaran/pemberitahuan ini diperhatikan dan ditindaklanjuti.

Catatan: Intelijen kami telah ada di lapangan. Bila sudah ada yang menerima harap dikembalikan pada calon-calon. Jakarta, 17 Mei 2018. Surat edaran ini sifatnya sah tanpa cap dan tanda tangan. Tembusan:  Yth. Seluruh Rektor Universitas se-Indonesia.(gnr)

Kirim Komentar