26 Mei 2018 12:59

Stand By saat Puasa dan Lebaran, 4 Posko Kesehatan Dibuka di Minahasa

MyPassion
Yuliana Kaunang

MANADOPOSTONLINE.COM—Memasuki masa mudik lebaran, sebanyak empat posko kesehatan disiagakan. Selain di Tondano, posko juga akan stan by di puskesmas di Kawangkoan, Langowan dan Tombariri. Kesemuanya adalah lokasi jalur mudik baik ke Minahasa Tenggara (Mitra) atau ke Minahasa Selatan (Minsel) sampai ke Bolmong Raya. Kepala Dinas Kesehatan dr Yuliana Kaunang kemarin menjelaskan, lokasi posko kesehatan dipilih di tempat strategis di mana banyak arus mudik. “Misalnya di Langowan orang mau ke Mitra, di Kawangkoan jalur menuju Minsel, begitu juga di Tombariri akses menuju Bolmong Raya,” katanya.

Dia pun memastikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sam Ratulangi Tondano untuk bantuan tenaga kesehatan dan obat-obatan. “Selain RSUD Tondano, kita juga akan bekerja sama dengan pihak keamanan dalam hal ini Polres dan Kodim Minahasa,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Kaunang, tujuan untuk menyiapkan posko-posko kesehatan dibeberapa titik, dalam rangaka mengantisipasi jika ada pemudik yang mengalami sakit. “Setidaknya sudah ada pertolongan pertama jika ada pemudik mengalami sakit ataupun mengalami kecelakaan dalam perjalanan,” tandasnya.

Terpisah, Direktur RSUD Sam Ratulangi Tondano dr Mariani Suronoto menambakan, pihaknya akan siap membantu Dinkes dalam hal tenaga kesehatan dan obat-obatan. “Kita pasti siap membantu. Karena ini sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalagi dalam mudik lebaran,” kata Suronoto.

Namun, lanjut dr Mariani, pihaknya terlebih dulu akan menunggu surat perintah dari pemerintah kabupaten Minahasa, dalam hal ini Bupati. “Kalu misalnya kami tidak dilibatkan karena memangka RS bukan untuk kerja di lapangan  tetapi harus menunggu di tempat rujukan tiggal melihat apa yang akan ditugaskan dinas kesehatan kepada RS,” ujarnya.

Dia menambahkan, prinsipnya RS melayani di dalam rumah sakit jadi jika ada kejadian tertentu. “Jadi kami lebih menyiapkan tenaga-tenaga misalnya ini UGD. Jadi kalau misalnya sehari-hari dokter hanya satu sepanjang hari, kami tingkatkan menjadi dua begitu juga dengan perawat. Jadi kami akan dua kali lipatkan,” pungkas dr Mariani sembari menekankan, RSUD Tondano akan tetap buka di saat libur lebaran dan hari raya. (ctr-02/fgn)

 

Kirim Komentar