26 Mei 2018 11:49

Minat Baca di Sulut Menurun, Wagub: Taman Bacaan dan Perpustakaan Diperlukan

MyPassion
Wagub Steven Kandouw bersama Bupati Kepulauan Sitaro Toni Supit di road show perpustakaan tingkat Provinsi Sulut, di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Rabu (23/5).

MANADOPOSTONLINE.COM—Minat baca siswa di Sulut mulai menurun karena kemajuan teknologi. Karena itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara Drs Steven OE Kandouw ingin minat baca untuk ditingkatkan.

Menurut Wagub, keberadaan sarana dan prasarana membaca, seperti perpustakaan, taman bacaan atau rumah baca sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

"Arus informasi yang lengkap, akurat, aktual dan terpercaya melalui sarana dan prasarana membaca, seperti perpustakaan, taman bacaan atau rumah baca sangatlah diperlukan. Agar insan-insan pembangunan dapat menjadi penentu jalannya kehidupan bangsa dan negara kedepan," kata Wagub ketika menghadiri road show perpustakaan tingkat Provinsi Sulut, di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Sitaro, Rabu (23/5).

Wagub mengatakan, pada masyarakat maju, membaca merupakan fenomena sosial yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas lainnya."Mereka sering memanfaatkan waktu luang dengan membaca di manapun berada. Bahkan ketika makanpun mereka masih menyempatkan membaca, artinya salah satu ciri hidup masyarakat maju adalah menjadi pembaca sepanjang hayat," ungkapnya.

Wagub optimis masyarakat Sulut juga dapat memiliki kebiasaan membaca sebagai kegemaran dan kebutuhan sehari-hari."Sebagai langkah awal, maka kita harus terlebih dahulu menjadi contoh, dengan menjadikan membaca sebagai the way of life,” ujarnya.

Dia menjelaskan, road show perpustakaan merupakan wahana untuk menyatukan persepsi dan memantapkan komitmen semua pihak, dalam aspek pengembangan perpustakaan dan memasyarakatkan budaya membaca. ”Agar ke depan masyarakat semakin berpartisipasi aktif untuk memberdayakan perpustakaan,” paparnya.

Hal itu sebagai bentuk dukungan nyata terhadap perwujudan visi pembangunan Sulut kata Wagub, serta mampu memberikan sumbangsih terhadap pencapaian Nawa Cita pembangunan bangsa, menuju terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.

Adapun road show perpusatakaan turut dihadiri Bupati Kepulauan Sitaro Toni Supit, tokoh masyarakat Sitaro, para pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Kepulauan Sitaro.(ite)

Kirim Komentar