26 Mei 2018 11:02

Foto Anak Palestina di Belawan Hoax

MyPassion
Foto anak-anak Palestina yang heboh di media sosial.(JawaPos.com)

MANADOPOSTONLINE.COM—Media sosial sempat dihebohkan dengan beredarnya foto-foto pengungsi anak dari Palestina yang dikabarkan tiba di Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Foto itu tersebar di Facebook hingga grup WhatsApp.

Dalam foto turut disertai keterangan yang membuat pembaca iba. Bahkan beberapa komentar di beberapa akun ada yang ingin mengadopsi para anak-anak itu. Ada pula yang membubuhkan nomor rekening untuk mencari keuntungan dengan dalih donasi.

JawaPos.com mencoba menelusuri kebenaran foto itu. Beberapa kontak coba dihubungi. Mulai dari Imigrasi hingga kepolisian setempat tidak mengetahui soal foto tersebut.

"Kalau foto itu kami belum tahu. Coba ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan konfirmasinya," saran Humas Kanwil Kemkumham Wilayah Sumut Joshua Ginting, Selasa (22/5).

Sementara itu, Kepala Seksi Kemanan dan Ketertiban Rudenim Belawan Andi Bryan membantah soal kabar foto anak-anak Palestina di Belawan. Dia memastikan foto itu adalah kabar bohong. "Nggak ada itu, bang. Itu hoax yang disebar orang tidak bertanggung jawab," tegas Andi Bryan.

Bahkan gara-gara foto anak Palestina tersebar, banyak orang yang sudah datang ke Rudenim Belawan. Warga yang datang bertujuan untuk mengadopsi anak-anak tersebut. "Kalau memang benar, mana mungkin itu bisa kami adopsi. Masyarakat jangan percaya dengan hal tersebut," pungkasnya.(jpc)

Kirim Komentar