25 Mei 2018 17:23

Trump Batalkan Rencana Pertemuannya dengan Kim Jong-un

MyPassion
Melalui surat yang ia tulis sendiri, Trump batalkan pertemuan dengan Kim Jong Un.(AFP/BBC)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan rencana pertemuannya dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Hal itu disampaikan oleh Trump melalui surat yang ia tulis secara pribadi kepada Kim.

Dilansir dari AFP, pada 10 Mei 2018 Trump melalui Twitter-nya mengatakan, pertemuan akan digelar di Singapura 12 Juni mendatang. Namun tampaknya pertemuan empat mata itu tidak akan terealisasi.

"Melihat kemarahan yang Anda perlihatkan belakangan ini, saya merasa tidak tepat jika harus menggelar pertemuan," kata Trump dalam surat tersebut.

Ia juga sempat menyinggung rudal yang dimiliki AS jauh lebih bagus dari Korut. "Nuklir kami jauh lebih hebat dan kuat sehingga saya harus berdoa kepada Tuhan supaya kami tidak perlu menggunakannya," ujarnya.

Namun di sisi lain Trump mengatakan, berharap suatu saat nanti pertemuan itu akan terjadi. Ia juga berterima kasih atas pembebasan tiga warga negaranya.

"Jika Anda berubah pikiran, tolong jangan ragu untuk menulis surat atau menghubungi saya. Jujur saja, ini adalah momen paling menyedihkan dalam sejarah," lanjutnya.

Sikap Korut menjadi agak berbeda dalam dua pekan terakhir setelah AS dilaporkan menggelar latihan militer dengan Korea Selatan (Korsel). Latihan militer yang digelar membuat Korut melalui medianya, KCNA, mengancam bakal membatalkan pertemuan dengan AS.(jpg/mpo)

Kirim Komentar