25 Mei 2018 10:42

80 Mahasiswa Terima Bantuan Pendidikan

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Sektor pendidikan menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut. Karena itu, Pemprov Sulut menyediakan bantuan pendidikan, bagi mahasiswa yang meyelesaikan studi akhir.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikda Sulut Christian Sumampow SH mengatakan, bantuan pendidikan yang dialokasikan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut untuk studi akhir bagi mahasiswa strata 1 (S1), S2 dan S3, sebanyak Rp 1 miliar,” katanya.

Menurut Sumampow, semua mahasiswa asal Sulut berpeluang memperoleh bantuan akhir studi ini. Tetapi sesuai data Dikda Sulut tahun ini, sekira 80 mahasiswa akan menerima bantuan studi akhir. "Bantuan ni berlaku umum, di semua perguruan tinggi. Baik negeri dan swasta, untuk membantu mahasiswa asal Sulut yang sementara melakukan penelitian studi akhir," ujarnya.

Lanjut Sumampouw, penerima bantuan tahun ini adalah mahasiswa yang memasukkan permohonan tahun 2017 lalu. "Begitupun kepada mahasiswa yang memasukkan permohonan tahun ini, maka akan dialokasikan tahun 2019 mendatang," jelasnya.

Dia menambahkan, hal ini sesuai dengan pengusulan dalam pembahasan APBD. "Karena harus by name, by address. Sesuai dengan APBD. Dan penyalurannya, sekira pertengahan tahun ini. Kemungkinan akhir Juni mendatang," ujarnya.

Senada disampaikan Kesie GTK SMK Marjudie Manajang SSos MSi. Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penerima bantuan akhir studi ini. "Bantuan penyelesaian studi mahasiswa S1 sampai S3 ini, diberikan kepada mereka yang akan menyelesaikan kuliahnya. Ada beberapa persyaratan yang harus dimasukkan. Diantaranya proposal penelitian dari yang bersangkutan (mahasiswa). Serta KTP harus penduduk Sulut, surat keterangan aktif kuliah dan KHS serta RAB penelitian," paparnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar