23 Mei 2018 18:26

Tingkatkan Perekonomian Desa, DPMD Boltim Pacu Pembentukan BUMDes

MyPassion
Slamet Umbola

MANADOPOSTONLINE.COM-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan salah satu program unggulan Kemendes. Sehingga semua desa yang ada dipacu untuk terus memajukan desanya, tidak hanya lewat bantuan Dana Desa (Dandes) namun juga melalui Bumdes. 

Dari data yang dirilis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Boltim, hingga 2018 ini ada 60 Bumdes, dengan beragam usaha. "Jumlah desa ada 80. Yang sudah miliki Bumdes itu sebanyak 60 desa. Tapi yang benar-benar produktif dan sudah banyak memberikan kontribusi sekira 20 Bumdes,” beber Kepala DPMD Slamet Umbola, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/5) kemarin.

Menurut dia, setiap hari tindakan monitorong, pengawasan dan pelatihan terus dilakukan kepada semua masyarakat yang ada di desa."Bumdes harus bisa menjadi vionir di dalam desa tersebut, agar desa bisa terus berkembang dan uang yang didapat bisa dikembalikan lagi untuk pendapatan asli desa itu sendiri," jelasnya.

Dia menyebutkan, beberapa macam Bumdes yang ada di Boltim. Antara lain, souvenir, pembelian hasil bumi, perikanan, industri dan lain sebagainya. "Semuanya usaha sudah berjalan. Tinggal bagaimana desa itu mau dan terus memanfaatkan Bumdes tersebut agar bisa memajukan perekonomian desa. Yang lebih penting adalah membuat anak-anak muda menjadi lebih kreatif dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Dia menargetkan, jika tahun ini semua desa harus memiliki Bumdes.  Karena keberadaan Bumdes itu sangat baik dan memberikan banyak kontribusi di desa itu sendiri. “Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan juga para aparat desa, harus terus berinovasi dan memanfaatkan hasil kekayaan  SDA maupun SDM yang ada di desa, untuk mendirikan sebuah usaha, agar seluruh desa di Boltim mampu bersaing dengan desa-desa yang ada di daerah lain," tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar