22 Mei 2018 13:59

Kader Membelot, JS: Tidak Berpengaruh

MyPassion
James Sumendap

MITRA—Meski dilanda isu perpecahan dengan membelotnya sejumlah kader PDIP, calon bupati Mitra James Sumendap (JS) tetap optimis melenggang mulus di pilkada Mitra. Menurut JS, keputusan empat kader yang tidak mendukungnya tak akan berpengaruh pada hasil pilkada nanti.

"Bagi saya tidak pengaruh. Karena saya sudah biasa menghadapi badai politik yang jahat. Jadi saya tidak pernah menanggapi hal-hal seperti itu," ujar JS di kediamannya, Senin (21/5) kemarin.

Lanjut JS, untuk sikap DPC PDIP terhadap empat kader tersebut sudah berdasarkan keputusan rapat. Serta sudah diusulkan ke DPD. Dia juga menegaskan, sebagai Ketua DPC PDIP Mitra bakal mengambil sikap.

"Sebagai pribadi, sebagai Ketua DPC PDIP Mitra, James Sumendap akan punya sikap. Yang penting keputusan ini, sudah berdasarkan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (ADRT). Karena saya diusung bukan sebagai pribadi. Namun diusung berdasarkan partai," jelasnya.

Dia juga mempertanyakan legalitas empat kader yang dikabarkan mendaftarkan diri untuk menjadi caleg PDIP di tingaktan DPD. "Memang mereka sudah mendaftar?  Kalau sudah mendaftar, siapa yang menerima mereka di DPD?" tanyanya.

Sementara itu, pengamat politik Dr Maikel Mamentu menilai, JS bersama pasangannya Joke Legi (Oke) diprediksi bisa menang mulus. "Itu dilihat dari keberhasilan dan tingkat kepuasan masyarakat," kata akademisi Unsrat ini.

Karena menurut Mamentu, diusungnya petahana sebagai calon tunggal membuktikan popularitas JS masih tinggi. "Karena itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan parpol, di mana tak ada calon lain yang mampu mengalahkan elektabilitas JS. Sehingga parpol lain ikut bergabung dengan menjadi pengusung," terangnya. (tr-04/can)

Kirim Komentar