21 Mei 2018 22:09

Selesai Upacara Harkitnas Staf KBRI Manila Latihan Main Kolintang

MyPassion
Staf KBRI Manila dan Masyarakat Indonesia di Manila mulai mengadakan latihan alat musik Kolintang. (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Satu hal berbeda tersaji di Kedutaan Besar RI di Manila, Senin (21/5). Usai melaksanakan upacara dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), para staf KBRI Manila mulai berlatih alat musik kolintang.

Wujud kecintaan sang Dubes LBBP Sinyo Harry Sarundajang akan budaya Minahasa begitu jelas. Sumbangsinya untuk promosi seni budaya Indonesia lewat pengadaan alat musik kolintang untuk staff KBRI Manila.

Mantan Gubernur Sulut ini dinilai berkontribusi jelas mendukung Kolintang Goes to Internasional. Salah satu staff, Didi Lengkong menuturkan alat musik kolintang ini memang baru sekarang ada di KBRI Manila.

"Tadi selesai upacara kami mulai mengadakan latihan, diharapkan pada acara 17 Agustus nanti sudah dapat dipentaskan," jelas Lengkong. 

Tidak hanya alat, Sarundajang juga memfasilitasi pelatih yang berasal dari Minahasa untuk mengajarkan pemain-pemain di Filipina.

"Yang dilatih adalah staf KBRI dan masyarakat Indonesia yg ada di Manila. Pelatih jg didatangkan dan difasikitasi oleh pak Dubes sendiri, sebagai bentuk kecintaan beliau akan seni budaya Indonesia secara umum dan secara khusus Sulawesi Utara," lanjutnya.

Sementara itu, pelatih sekaligus seniman musik asal Minahasa, Joudy Aray mengapresiasi akan inovasi dari KBRI Manila ini. "Karena memang dipersiapkan untuk HUT Kemerdekaan nanti, lagu-lagu yang mulai diajarkan bernuansa nasional dan nusantara," jelas Aray. (wam)

Kirim Komentar