21 Mei 2018 18:15

Pemkab Minahasa Diminta Stabilkan Harga Daging

MyPassion
Harga daging ayam memasuki bulan puasa mulai melambung. Hal ini perlu diseriusi pemerintah.(Mendy Pangalila/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sejak pekan lalu, tepatnya di awal bulan puasa, sejumlah harga bahan pokok mulai bergejolak. Termasuk harga daging ayam. Di mana, daging ayam yang biasanya di jual Rp 28 ribu, kini menyentuh Rp 40 ribu. Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Minahasa yang membidangi ekonomi dan pembangunan, Denny Kalangi mengatakan, pemerintah harus sudah mempunyai rencana untuk mengatasi kenaikan ini. “Jika kenaikan masih berkisar sekira Rp 5 ribu mungkin masih ditolerir karena masalah stok. Namun, jika sudah selisih Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu, maka pemerintah harus ambil tindakan,” ucap Kalangi.

Namun, untuk kenaikan harga daging ini, Politisi Partai Demokrat ini menilai, mungkin dikarenakan sebagian penjualnya pulang kampung.  “Seperti contoh waktu itu di Langowan yang jual daging ayam itu beragama muslim dan ada yang pulang kampung. Jadi karena keterbatasan penjual dan stok jadi harga daging ayam naik,” sebutnya. Namun, jika kenaikan sudah di tahap tidak wajar atau melebihi batas kemampuan maka pemerintah wajib langsung memeriksa.

Dia menganjurkan, pemerintah melakukan oprerasi pasar. “Untuk mengecek harga di pasar kenapa melambung. Apalagi disinyalir sejumlah pihak, oknum tertentu yang menaikan harga sepihak. Harus ada sanksi dan teguran. Kalau perlu langsung di larang jualan di pasar,” tegas Kalangi.

Sementara, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wilford Siagian mengatakan masalah kenaikan harga menjelang hari raya itu kerap sering terjadi. Masalah ini memang sering terjadi.  “Kita akan mengecek stok ketersediaan apakah cukup atau kurang. Kalaupun cukup dan masih naik harga dan disinyalir ulah oknum penjual yang ingin mencari keuntungan, maka kita akan tindak,” sebutnya.

Dia membeber, Pemkab Minahasa akan membentuk tim. “Kita bentuk tim untuk turun ke pasar, selain melakukan operasi pasar, kita akan melakukan sidak untuk melihat kondisi harga dan stok bahan pokok, termasuk harga daging,” pungkas Siagian.(ctr-02/fgn)

Kirim Komentar