18 Mei 2018 08:03

Selamat Jalan Pastor Fred

MyPassion
Alm Fred Tawaluyan

MANADO—Umat Katolik di Keuskupan Manado (membawahi tiga provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah) berduka. Ketua Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Keuskupan Manado, Pastor (Pst) Frederikus Stevanus Tawaluyan Pr, meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Gunung Maria Tomohon, Kamis (17/5) pukul 21.00. Pst Fred, sapaan akrabnya, meninggal di usia 67 tahun 10 hari.

Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Manado, Pst Steven Lalu Pr mengatakan, almarhum yang lahir 7 Mei 1957 ini dikenal sangat peduli dengan dunia pendidikan. Pst Fred telah lama menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Katolik (YPK) Keuskupan Manado. Selain sebagai ketua YPK, Pst Fred banyak mewakili Gereja Katolik dalam hubungan dengan pemerintah dan membangun kerukunan antar umat beragama.

"Umat Katolik Keuskupan Manado merasa sangat kehilangan seorang imam yang memberikan diri dan hidupnya untuk pelayanan, teristimewa di bidang pendidikan," ujar Pst Steven.

Lanjutnya, sampai akhir hayat, pastor berasal dari Desa Talawaan, Minahasa Utara (Minut) ini masih tetap dipercayakan sebagai Ketua Kerawam Keuskupan Manado. "Beliau ditahbiskan imam sejak tanggal 29 Juni 1983 dan dikenal sebagai teman kelas Uskup Manado Mgr Rolly Untu MSC," ujarnya.

Pastor yang pernah menjadi pastor Paroki Hati Kudus Tomohon ini, memang telah menderita sakit cukup lama. Namun dia menghembuskan nafas terakhirnya dalam damai.

"Sesudah semua persiapan di rumah sakit, jenazah akan dibawa ke Talawaan sampai besok siang (hari ini, Red). Sorenya jenazah akan dibawa dan disemayamkan di Gereja Malalayang. Jumat malam pukul 19.00 dilaksanakan Misa Tirakatan dipimpin Pengurus Unio. Kemudian, Sabtu (19/5), pukul 10.00 akan diadakan Misa Requiem dipimpin oleh Uskup. Sesudah itu, dilanjutkan dengan upacara pemakaman di Seminari Kakaskasen,” tutupnya.

Berbagai ucapan duka pun berdatangan di sejumlah media sosial. “Turut Berduka cita atas meninggalnya Pastor Fred Tawaluyan Pr.

Pastor pendamping rasul awam dan pahlawan pendidikan. Terima kasih pengabdian Pastor Fred untuk gereja dan bangsa. Berbahagialah dalam surga bersama para Kudus Allah,” tulis tokoh muda Katolik, Emmanuel J Tular. (ctr-02/can)

Kirim Komentar