18 Mei 2018 18:33

Jumlah Wisatawan ke Jepang Meningkat, Apa karena Bunga Sakura?

MyPassion
Bunga sakura bermekaran di Jepang (Tsunagu Japan)

MANADOPOSTONLINE.COM - Perkiraan jumlah pengunjung asing ke Jepang sejak Januari hingga April tahun ini mencapai 10 juta pengunjung. Badan Pariwisata Jepang mengatakan, ini telah mencapai tingkat laju tercepat dalam catatan.

Data terbaru menunjukkan, jumlah tahunan pengunjung luar negeri ke Jepang mencapai 10.519.300, mengalami kenaikan sebesar 15,4 persen dari tahun sebelumnya.Jumlah tersebut melebihi 10 juta dari tahun keenam selama berturut-turut. Kecepatan rekaman sebelumnya telah ditetapkan mulai Januari hingga Mei tahun lalu.

Badan Pariwisata Jepang menghubungkan tren peningkatan jumlah turis yang mengunjungi Jepang untuk melihat bunga sakura. Sementara banyak pelancong yang mengambil liburan sekitar Minggu Paskah yang jatuh pada 1 April tahun ini.

Komisioner agensi pariwisata, Akihiko Tamura mengatakan, ia yakin menghabiskan waktu musim semi di Jepang akan semakin menarik bagi para wisatawan luar negeri. Jumlah tersebut terus berkembang menuju target yang diharapkan.

Pemerintah Jepang bertujuan menarik 40 juta pengunjung ke Jepang pada 2020 mendatang, bertepatan dengan Tokyo yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade seperti dilansir Japan Today, Jumat, (18/5).

Jika kecepatan pertumbuhan saat ini terus berlanjut maka jumlah pengunjung asing ke Jepang diperkirakan akan mencapai 30 juta. Berdasarkan negara dan wilayah dalam periode empat bulan, pengunjung Korea Selatan (Korsel) menduduki peringkat tertinggi yaitu dengan mengalami kenaikan sebesar 22,1 persen dari tahun sebelumnya menjadi 2,769,800 yang kemudian diikuti Tiongkok yang mengalami kenaikan sebesar 20,6 persen menjadi 2,626,900 dan Taiwan yang mengalami kenaikan 11,2 persen menjadi 1.608.700 pengunjung.

Selain jumlah pengunjung, penerbangan antara Jepang dan negara-negara tetangga termasuk Korsel dan Tiongkok juga meningkat. Angka tersebut naik menjadi 2.900.700 pada April lalu, mengalami kenaikan sebesar 12,5 persen dari tahun sebelumnya dan memecahkan rekor sebulan sebelumnya sebesar 2.681.500 yang ditetapkan pada Juli 2017 menurut data terbaru.

Pada bulan yang sama, Taiwan, Thailand, Filipina, Vietnam, India, Prancis, dan Rusia menetapkan catatan satu bulan pengunjung ke Jepang. (jpg/mpo)

Kirim Komentar