17 Mei 2018 14:51

Megawati: Banyak Lupa Intisari Pancasila

MyPassion
KENANGAN: Megawati bersama patung lilin Presiden RI pertama, Soekarno.

JAKARTA—Indonesia dikenal memiliki tingkat religiusitas yang tinggi. Artinya, ada nilai toleransi yang harus dijunjung tinggi antar sesama masyarakat yang beragam. Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pengarah  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya di acara Silaturrahmi Kebangsaan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (16/5).

“Bangsa kita terkenal sebagai bangsa yang religius. Artinya kalau kita beriman tentunya di dalam kehidupan sehari-hari pasti ada yang namanya toleransi,” kata ketua umum PDIP tersebut.

Megawati menjelaskan bahwa toleransi datang dari dalam budaya dan tradisi bangsa ini. Bahkan masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal toleransi karena itu menjadi bagian dalam gotong royong yang sejak lama ada di bangsa ini.

Megawati kemudian menyinggung mengenai ideologi Pancasila. Menurutnya, banyak orang yang melupakan intisari dari Pancasila. Kata dia, Pancasila yang terangkum dalam lima sila bisa diperas menjadi satu yang merupakan seluruh hakikat dari kehidupan bangsa Indonesia yang religius ini.

"Sebab di dalam implementasinya adalah gotong royong. Sering itu sangat-sangat dilupakan kalau kita melihat kekeluargaan kita saat ini," tukasnya. (*)

 

Kirim Komentar