17 Mei 2018 07:06

Enam Legislator `Dinas` di Austria dan Serbia

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Setelah turun reses, rupanya ada agenda penting yang dijalankan para wakil rakyat di DPRD Sulut. Dari data  dihimpun, enam orang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Dibagi dua rombongan. Rombongan pertama di antaranya Ketua DPRD Andrei Angouw, Sekretaris Komisi II Rocky Wowor, dan anggota Komisi III Bart Senduk. Mereka bersama Gubernur Olly Dondokambey menghadiri R20 Austrian World Summit di Kota Wina, Austria Selasa (15/5).

Selanjutnya rombongan kedua dipimpin Ketua Komisi II Cindy Wurangian. Tujuannya Republik Serbia. Dari surat tugas, politikus Partai Golkar ini berangkat bersama Ketua Fraksi Partai Golkar Raski Mokodompit dan legislator dari Gerindra Ferdinand Mangumbahang. Dalam surat tersebut juga menyebutkan, turut  mendampingi Wurangian, sang suami Honey Kojongian.

Sekretaris DPRD Sulut Bartolomeus Mononutu mengatakan perjalanan dinas ke luar negeri para wakil rakyat itu sudah sesuai aturan yakni menggunakan undangan dengan memenuhi sejumlah persyaratan. “Yang di Serbia berdasar undangan dari Beogard untuk menghadiri pameran pertanian,” bebernya.

Diapun menambahkan, dalam APBD 2018 memang sudah dialokasikan anggaran perjalanan dinas ke luar negeri sebesar Rp 2 miliar. “Penggunaannya harus sesuai aturan,” pungkasnya.

Di sisi lain, pengamat politik menilai selama memenuhi aturan tak ada larangan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Namun ditekankan Dr Johny Lengkong, anggota DPRD yang telah berangkat ke luar negeri harus memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah. Menurutnya, jangan hanya berangkat namun tidak ada yang dibawa pulang.

“Jangan sudah menghabiskan anggaran besar,  namun tidak ada yang diterapkan di Sulut,” tukasnya. Apalagi, lanjut akademisi Unsrat ini, keberangkatan wakil rakyat itu bertepatan dengan status siaga satu keamanan Indonesia.

“Artinya, perjalanan dinas ini sangat penting. Kan seharusnya wakil rakyat itu hadir di tengah situasi seperti saat ini. DPRD harus masuk dan menetralisir kejadian ini. memang di Sulut tidak terlihat secara umum. Namun secara terselubung, sudah terjadi. Bukan hal yang baik wakil rakyat berangkat ke luar negeri,” tandasnya.(gel)

Kirim Komentar