17 Mei 2018 13:10

APBDes 227 Desa di Minahasa Dievaluasi

MyPassion
Djefry Sajow

MANADOPOSTONLINE.COM—Proses evaluasi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dari 227 desa di Minahasa sementara berlangsung. Hingga kemarin, Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sudah melakukan evaluasi untuk 166 desa. Berarti, masih ada 61 desa lagi. “Usai evaluasi, APBDes kemudian diinput ke sistem keuangan desa, untuk kemudian masuk pada proses pencairan tahap satu sebesar 20 persen anggaran,” ujar Kepala Dinas PMD Djefry Sajow di sela-sela evaluasi APBDes di ruang sidang kantor bupati, kemarin.

Sedangkan, terkait evaluasi APBDes, Sajow mengatakan, hal ini dilakukan untuk melihat apakah penyusunan sudah sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku. “Yang terdapat dalam peraturan menteri desa dan transmigrasi nomor 19 tahun 2017, tentang skala prioritas penggunaan dana desa dan peraturan bupati nomor 12, 13,14, 15 dan 16 tahun 2018,” ujar Sajow.

Evaluasi ini, lanjutnya, dilakukan dengan melibatkan Inspektorat, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Keuangan, Badan Pengembangan dan Penelitian Pembangunan Daerah, serta tenaga ahli atau pendampingan desa. “Hal ini dilakukan agar APBDes yang dihasilkan ini benar-benar memenuhi syarat. Di mana, didalamnya harus ada 30 persen program padat karya tunai. Sedangkan sisanya untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” tukasnya.

Dia pun menampik tudingan keterlibatan Dinas PMD terhadap penyusunan APBDes. “Beredar kabar penyusunan APBDes hanya disusun oleh satu orang dari PMD dan dibayar. Isu itu tidak benar, karena mekanismenya seperti ini yang harus ada evaluasinya,” tandas Sajow.

Sementara, terkait penyaluran dana desa (dandes), Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala menekankan, penggunaannya harus sesuai APBDes. “Selama penggunaan sesuai APBDes dan transparan maka kumtua diharapkan bisa memaksimalkan dana tersebut,” ucap Mangala. Dia pun mengimbau untuk seluruh masyarakat agar membantu mengawasi penggunaan dandes ini. “Masyarakat silahkan awasi agar penggunaan dana ini tepat sasaran,” pungkas Mangala.

Diketahui, dana desa yang akan disalurkan di Minahasa sebesar Rp 151,9 miliar. Dengan mekanisme penyaluran tahap pertama 20 persen yaitu sekira Rp 30,8 miliar. Sedangkan tahap dua dan tiga masing-masing Rp 60,5 miliar atau 40 persen.(ctr-02/fgn)

Kirim Komentar