16 Mei 2018 14:47
Semua Lingkungan Wajib Aktif Siskamling

Rumah Kost dan Kontrakan Dirazia

MyPassion

MANADO—Untuk mengantisipasi sel-sel teroris, tim terpadu akan turun melakukan razia di rumah kost dan kontrakan. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi tim terpadu, yang dipimpin Wakil Wali (Wawali) Kota Manado Mor Bastiaan SE didampingi Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara dan Dandim Manado 1309 Letkol Inf Arif Harianto, di ruang Bapelitbang, kemarin.

Tim terpadu ini terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP dan Dukcapil. Assisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Manado Micler Lakat mengatakan, razia rumah kost dan rumah kontrak akan segera dilakukan. ”Dalam razia ini kami akan memeriksa KTP warga. Ini dilakukan sebagai tindakan preventif. Untuk menjaga sesuatu yang tidak diinginkan bersama terjadi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Dandim Harianto mengatakan, pihaknya kemarin malam sudah melaksanakan razia di rumah kost di Kecamatan Wenang, yang berada di pusat kota. ”Untuk malam berikut kami bersama tim terpadu akan merazia di kecamatan lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Wawali meminta siskamling yang ada di setiap lingkungan harus diaktifkan. Kalau perlu di setiap lingkungan dituliskan tamu wajib lapor 1x24 jam. ”Saya meminta camat secepatnya nyampaikan ini ke kelurahan dan lingkungan. Kemudian bagi petugas Prokamling yang berjaga jangan menkonsumsi alkohol,” katanya.

Wawali juga meminta setiap kejadian yang terjadi di wilayahnya, masing-masing camat dan lurah harus tahu serta melaporkan langsung. “Saya minta warga untuk waspada jangan sampai kejadian ini ditumpangi oknum tertentu dengan berbagai tujuan. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan. Nanti pihak keamanan yang akan menangkap,” pintanya.

Sedangkan Kapolres Kumara mengatakan, dari 504 lingkungan yang ada di Manado, baru 25 persen aktif siskamling. Dia minta semua lingkungan harus segera aktif siskamling. “Kami juga melakukan patroli cyber untuk menangkal konten hoaks yang dapat memperkeruh suasana,” jelasnya. Turut hadir Plt Sekkot Manado Rum Usulu, Kepala Dinas DLH, Kepala Dinas Dukcapil, FKUB dan camat. (ite/can)

Kirim Komentar