16 Mei 2018 18:03

Pulau Makalehi Surga Bawah Laut Tersembunyi

MyPassion
Kondisi bawah laut Pulau Makalehi. Ini jadi lokasi andalan para divers untuk melakukan penyelaman. (Dok.Buyung Mangangue for Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM - Pulau Makalehi yang terletak di Kepulauan Sitaro, terus menjadi primadona bagi wisatawan.

Pulau yang masuk salah satu dari 92 gugusan terluar di Indonesia tersebut, menyimpan berbagai potensi pariwisata. Mulai dari danau yang berbentuk hati (danau cinta), gua tengkorak, monumen perjuangan melawan jepang hingga potensi wisata bawah laut yang sangat menjanjikan. 

Dive Master Limangu Dive Center Harry Kakunsi membeberkan bawah laut Makalehi, memiliki potensi yang tidak dimiliki daerah lain di Bumi Nyiur Melambai.

"Karena di Makalehi, terdapat spot diving, dimana para penyelam, dapat merasakan langsung, sensasi menyelam dengan ikan pari manta (manta birostris) yang merupakan salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia, hiu martil serta hiu paus atau biasa disebut gorango bintang (whale shark)," jelasnya.

Lanjut om Harry sapaan akrabnya, awalnya mereka tidak mengetahui secara detil, hanya mendengar cerita dari masyarakat setempat.

"Namun sekira dua minggu lalu saya membawa wisatawan asal Swiss dan Prancis, di seputaran spot Bewe Logang 1, tepatnya di sekitar wilayah barat perairan Makalehi. Kami melihat langsung, adanya tiga jenis ikan tersebut," terangnya.

Sementara itu, Nadia Kakunsi salah satu penyelam wanita asal Sitaro menambahkan, saat ini, mereka sementara berupaya, untuk terus mempromosikan potensi terbaru ini.

"Kita mengajak seluruh masyarakat, untuk melakukan hastag, #Savemakalehi, di media sosial (medsos) mereka, agar kita juga sadar, untuk terus menjaga kelestarian bawah laut Makalehi, yang memiliki berjuta potensi," tandasnya. (drp/ria)

Kirim Komentar