16 Mei 2018 17:38

Proses Pendataan Administrasi Penting

MyPassion
Harold Lolowang (Dok.Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pentingnya proses pendataan dan pembuatan administrasi penting bagi pemerintah.

Dari pendataan kependudukan jadi acuan untuk merancang kebijakan.

Wali Kota Jimmy Eman melalui Sekretaris Kota Harold Lolowang saat menghdiri sosialisasi kebijakan kependudukan sukses gerakan sadar administrasi kependudukan dan sukses pemilihan di Aula GMIM Sion Woloan Selasa (15/5) kemarin mengatakan, masyarakat harus turut mensukseskan sosialisasi ini. 

“Hal ini mencakup empat poin yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan serta sadar melayani dokumen kependudukan untuk membahagiakan masyarakat,” katanya.

Dia melanjutkan, ajakan merekam KTP elektronik masih minim.

“Terdapat beberapa kelurahan yang cakupan perekamannya belum mencapai 100 persen,” katanya.

Kemudian, perlu adanya koordinasi perangkat daerah untuk memastikan data penduduk yang tercantum di Kartu Keluarga (KK) terus diperbaharui. “Validasi dan verifikasi termasuk melakukan analisis data kependudukan dengan akurat,” paparnya

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Royke Roeroe menambahkan, hingga akhir bulan April, jumlah warga yang terdaftar di e-KTP telah mencapai 99,7 persen. “Prinsipnya perekaman itu sebenarnya tak pernah berhenti. Pasti ada warga yang berusia wajib rekam, pendatang dan lainnya,” pungkasnya. (jul/fgn)

Kirim Komentar