16 Mei 2018 14:31

Produksi Sampah 500 Ton

MyPassion
Ilustrasi. Foto: Reza Mangantar/ Manado Post

MANADO—Produksi sampah di empat daerah yakni Minahasa, Minahasa Utara, Manado dan Bitung per harinya mencapai 500 ton. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marly Gumalag, tidak semua kabupaten/kota bisa mengukur berapa jumlah produksi sampahnya setiap harinya.

 

"Memang khusus untuk TPA Regional Mamitarang yaitu Manado, Minahasa, Minahasa Utara dan Bitung produksi sampah sesuai data kita mencapai 500 ton perharinya. Kalau secara umum kita belum lakukan pengukuran berapa banyak produksinya," ucap Gumalag.

Dirinya mengatakan, nantinya jika TPA Wori telah selesai maka sampah akan diteruskan ke TPA tersebut. Pihaknya terus berupaya untuk lakukan penguraian terhadap sampah yang ada. Itu sebutnya, harus ada partisipasi dari masyarakat.

"Kalau untuk mengurai sampah kita memang membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat. Kan masyarakat juga harus sadar membuang sampah pada tempatnya. Kalau sudah secara teratur mana sampah basah dan kering, penguraian akan semakin mudah kita lakukan," sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Steve Kepel mengungkapkan, TPA Wori terus dipercepat. Sekarang sudah pada penyelesaian lahan untuk infrastuktur. "Di TPA Wori tersebut kita harus membutuhkan produksi dalam jumlah yang banyak. Karena kan di sana akan dijadikan industri, jadi memang kita akan stok produksi sampah tersebut dari beberapa kabupaten/kota terdekat," urainya.

Kepel mengatakan, akan ada teknologi cangih pengolaan sampah yang akan ditempatkan di TPA tersebut. “Sampah akan dijadikan energi listrik yang akan dikembangkan oleh pihak swasta,” tukasnya.(tr-02/tan)

Kirim Komentar