16 Mei 2018 12:40

OD Bahas Upaya Perlindungan Iklim di Wina

MyPassion
Olly Dondokambey

GUBERNUR Sulut Olly Dondokambey (OD), ambil bagian di R20 Austrian World Summit di Wina, Selasa (15/5). Forum yang membahas perubahan dan upaya perlindungan iklim dunia itu, dibuka  sambutan dari Kanselir Austria Sebastian Kurz.

 

Pemimpin termuda di dunia itu menuturkan, selama satu dekade terakhir, kawasan, negara bagian, dan kota di seluruh dunia telah menunjukkan kontribusi dan kepemimpinan mereka sangat penting untuk mempercepat transisi menuju masa depan rendah karbon yang berkelanjutan.

“R20 Austrian World Summit merupakan prakarsa jangka panjang untuk menciptakan platform jaringan yang akan membantu daerah, negara bagian dan kota menerapkan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB dan memenuhi target perlindungan iklim global yang digariskan dalam Perjanjian Paris,” kata Kurz.

Sejumlah pembicara penting mengisi pertemuan yang diikuti lebih dari 700 peserta dari 50 negara itu. Seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Presiden Austria Alexander Van der Bellen dan Chairman of R20; Regions of Climate Action Arnold Schwarzenegger.

Menariknya, pada kesempatan itu Schwarzenegger menerangkan pentingnya inisiatif perubahan iklim R20 untuk mewujudkan proyek-proyek perlindungan iklim seefektif mungkin. “R20 memiliki kemitraan yang kuat dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, lembaga pembiayaan dunia dan dengan jaringan wilayah seperti C40 dan ICLEI,” beber Schwarzenegger.

Diketahui, R20 Austria dan EU yang didirikan Monika Langthaler pada 2014, adalah hub R20 lokal di Austria. Asosiasi ini adalah mitra internasional, yang aktif di semua jaringan R20 dan inisiatif seputar isu-isu perlindungan iklim dan "brainbows - perusahaan informasi" adalah badan penyelenggara dari Austrian World Summit. “Akan ada penandatanganan MOU dengan R20, setelah acara summit,” singkat OD.(*/tan)

Kirim Komentar