16 Mei 2018 12:09

Menteri Ini Peluang Dampingi Jokowi

MyPassion
Amran Sulaiman

MENTERI Pertanian kelahiran Bone 27 April 1968, Andi Amran Sulaiman, punya kans besar mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019 mendatang. Menurut pengamat politik Gustaf Undap, peluang untuk berpasangannya Amran dengan Jokowi masih terbuka lebar. Di mana kedua figur ini memiliki kesamaan visi yakni kerja.

"Kalau berpasangan nanti, sudah tidak heran. Jokowi menarik Amran masuk dalam kabinet, karena sang petahana yakin Amran adalah sosok yang sama dengannya yaitu kerja. Kesamaan persepsi ini kan bisa berpengaruh terhadap sikap politik Jokowi. Jadi peluang memang masih ada untuk ke dua figur ini berpasangan," sebut Undap.

Dirinya mengatakan, Amran telah memiliki elektabilitas. Apalagi, Amran dikenal dekat di kalangan petani Indonesia. Jadi ini menjadi satu keuntungan baginya dalam menarik simpati dan dukungan massa.

"Elektabilitas dari Amran Sulaiman sudah memang terlihat. Dengan seleksi yang ketat untuk masuk ke kabinet, Amran terpilih untuk menjadi pimpinan bagi para petani di Indonesia. Jadi saya rasa, dukungan masyarakat kelas bawah akan sangat besar ke Amran," urainya.

Di sisi lain pengamat komunikasi politik Dr Melky Kumaat mengatakan, sekarang konsolidasi capres dan cawapres sedang hangat. Namun dari komunikasi yang terbangun antara Jokowi dan kolega sedang dalam kondisi baik. Kumaat menilai, hubungan komunikasi politik antara Amran Sulaiman dengan Jokowi sedang dalam kondisi yang baik.

"Terpilihnya cawapres mendampingi Jokowi adalah hasil dari komunikasi politik yang dibangun. Dan beberapa figur termasuk Amran Sulaiman memiliki peluang, karena komunikasi politik yang sedang terjaga. Hubungan pekerjaan akan membuat komunikasi dua figur ini semakin dekat. Maka peluang mendampingi Jokowi masih dimiliki Amran," kuncinya.(tr-02/tan)

Kirim Komentar