16 Mei 2018 18:36

Bukan Jaringan JAD, Penyerang Mapolda Riau dari Kelompok NII

MyPassion
Suasana Mapolda Riau setelah mendapat serangan terduga teroris. (Virda Elisya/JawaPos.com)

MANADOPOSTONLINE.COM - Terduga teroris yang dilumpuhkan di Mapolda Riau bukan bagian dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Mereka berasal dari kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

"Keterangan kelompok ini Negara Islam Indonesia (NII) yang afiliasi dengan ISIS Dumai," ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di kantornya, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (16/5).

Setyo mengatakan, mereka masih ada kaitannya dengan Beny Syamsu alias Abu Ibrahim, narapidana kasus terorisme yang tewas saat kerusuhan di rutan cabang Salemba, Kompleks Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pekan lalu.

"Kalau anak buahnya, saya nggak bisa pastikan. Tapi ini ada kaitannya sama Beny," kata Setyo.

Keempatnya pun sempat datang ke Mako Brimob pasca kerusuhan bersama dua terduga teroris lainnya yang berasal dari Sumatera Selatan (Sumsel). Namun karena situasi sudah kondusif, mereka kembali lagi ke Pekanbaru, Riau.

"Dua pulang ke Sumsel sudah ditangkap. Nah ini empat ke Pekanbaru melakukan penyerangan ke Mapolda Riau, kami patahkan," kata anak buah Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu.

Mereka juga diduga satu kelompok dengan Wawan Kurniawan alias Abu Afif yang merupakan provokator dari kerusuhan di Mako Brimob. "Wawan juga dari Pekanbaru. Satu kelompok," pungkas Setyo. (jpg/mpo)

Kirim Komentar