16 Mei 2018 17:16

Anggota DPRD Minsel Hampir Tidak Kerja, Masa Sidang I Minim Kontribusi

MyPassion
Lucky Tampi (Dok.Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM — Masa sidang tahap I DPRD Minsel bakal ditutup, Kamis (17/5) esok. Mirisnya, para wakil rakyat nyaris belum menghasilkan kinerja apapun.

Praktis, hingga dibukanya masa sidang kedua tahun ini, baru Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017 yang disahkan menjadi peraturan daerah (perda).

Tokoh masyarakat Ventje Piri menilai, sudah waktunya para legislator berbenah. Kinerja yang kurang produktif sudah menjadi sistem.

Dia takut bila tak segera diubah, siapapun yang terpilih sebagai anggota dewan sistem tidak bisa lagi diperbaiki.

“Masyarakat kemudian harus cerdas memilah wakilnya ke depan. Kalau tidak produktif baiknya tidak dipilih tahun depan,” katanya.

Sementara, Ketua Badan Legislasi DPRD Minsel Hariyanto Suratinoyo memastikan, tidak ada agenda pengesahan ranperda pada rapat paripurna tutup buka masa sidang nanti. Meski begitu, dia mengatakan sejumlah ranperda sedang dalam pembahasan intensif.

Pengesahan beberapa perda kemungkinan bisa dilakukan sekaligus pada masa sidang kedua.

“Ada belasan pansus yang terbentuk. Kita bekerja marathon. Semoga di masa sidang berikut banyak yang bisa disahkan. Kita mengupayakan kualitas, itu penting,” jelasnya, kemarin.

Sementara, Sekretaris DPRD Lucky Tampi mengatakan, berbagai kendala menjadi alasan lambatnya pengesahan perda. Di antaranya, revisi perda tata ruang yang menjadi kunci pembahasan sejumlah aturan lain.

“Sampai sekarang peta yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dalam pembahasan tak kunjung ada,” bebernya.

Lanjut dia, sistem pengesahan perda kini berbeda. Berbagai kelengkapan sudah harus tersedia sebelum perda disahkan “Kalau dulu kan bisa menyusul. Tapi akhirnya malah dewan kelabakan. Jadi sekarang kita pastikan dulu semua sudah siap agar perda juga bagus,” tukasnya. (jen/fgn)

Kirim Komentar