15 Mei 2018 15:15

Sambut Ramadan, Pemprov Siap Amankan Stabilitas Pangan

MyPassion
Ilustrasi bahan pokok (Dok.Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM - Memasuki bulan suci Ramadan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengadakan rapat koordinasi dan siap amankan stabilitas pangan.

Hadir pula dalam kegiatan ini Asisten I Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulut Edison Humiang, Kepala Dinas (Kadis) Pangan Provinsi Sulut Sandra Moniaga, Kepala Bulog, Kadis Pangan Kabupaten Minut Johana N Manua, Kadis Pangan Kabupaten/Kota se-Sulut dan Kepala Satgas Pangan Polda Sulut.

Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Steven Kandouw menyebut ada tiga poin utama yang perlu diutamakan dalam pangan.

“Yang pertama ketersediaan pangan, kedua harga, dan ketiga adalah kualitasnya," sebut Wagub.

Mantan Ketua DPRD Sulut ini juga berharap, ketiga poin itu dapat dikontrol dan diaplikasikan di 15 kabupaten/kota yang ada.

"Kalau perlu minggu depan langsung dikontrol baik dari Provinsi sampai di 15 Kabupaten/Kota, sehingga aman semua," jelasnya.

Sementara itu, Kadis Pangan Sulut Sandra Moniaga mengatakan akan menindaklanjuti hal tersebut. Baik dari ketersediaan daging dan bahan pokok untuk Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

"Kami mau tanya data dari Dinas Pertanian apa stoknya lebih dari pada permintaan. Bisa saja di beberapa kabupaten/kota kurang. Karena produksinya ada di Bolmong, minsel," ucap Moniaga.

Dirinya pun menambahkan, walaupun Kota Tomohon dan Kabupaten Minut warga mayoritasnya tidak merayakan Idul Fitri, Moniaga menyebut mereka harus tetap meningkatkan produksi untuk tetap menjaga stabilitas sehingga bisa disalurkan di kabupaten/kota lain. (gab)

Kirim Komentar