04 Mei 2018 13:12

106 CJH Belum Lunasi BPIH

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Sekira 106 calon jamaah haji (CJH) Sulut, belum melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Data Kanwil Kemenag Sulut, hingga kemarin (3/5) baru 604 CJH melunasi selisih Rp 13,5 juta, dari setoran awal Rp 25 juta. Sesuai Kepres Nomor 7 Tahun 2018, Sulut yang masuk dalam embarkasi Balikpapan, BPIH-nya sekira Rp 38.525.445.

 

Hal ini membuka peluang, yang masuk dalam kriteria pelunasan tahap kedua, untuk berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Seperti disampaikan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemang Sulut, melalui Kasie Sistem Informasi Haji (SHI) Drs Ismujiono Nurhamidin. Menurutnya, batas pelunasan BPIH Sulut, dibuka hanya sampai esok (hari ini, red).

"Namun sampai hari ini (kemarin, red), untuk posisi CJH yang masuk dalam pelunasan tahap pertama baru sekira 604 CJH yang telah melunasi BPIH tersebut. Dari sekira kuota 710 CJH pelunasan tahap pertama. Masih ada sekira 106 CJH tahap pertama yang belum melakukan pelunasan," terangnya.

Lanjut Nurhamidin, jika sampai batas waktu yang ditentukan belum juga dilunasi, maka akan ditunda keberangkatannya tahun depan. "Jadi besok (hari ini), batas akhir bagi CJH yang masuk pada pelunasan tahap pertama. Jika belum juga dilunasi sampai batas waktu yang ditentukan, maka akan ditunda keberangkatan tahun depan. Dan kuotanya tahun ini, akan diberikan pada kriteria yang masuk dalam pelunasan tahap kedua nanti," tegasnya, sembari menjelaskan yang masuk pada kriteria tahapan kedua.

"Jadi yang jumlah yang tidak melunasi (CJH reguler tahap pertama), akan diberikan kesempatan (diganti) pada pembayaran tahap kedua. Dengan kriteria berurutan. Yakni gagal sistem atau mempunyai nomor tapi tidak terdata dalam sistem,” bebernya.

Selanjutnya, sudah pernah berhaji, namun masuk lagi pada nomor keberangkatan. Kemudian Mahrom atau pendamping, suami atau istri pun anak. Serta lansia, dan terakhir cadangan dengan nomor porsi terakhir 9964. “Lima kriteria ini yang masuk dalam pelunasan tahap kedua, ketika sekira 106 CJH reguler belum juga melunasi sampai waktu yang ditentukan. Pun pelunasan tahap dua ini akan dibuka sekira 16 sampai 25 Mei mendatang,” tukasnya.(cw-03/tan)

Kirim Komentar