03 Mei 2018 11:22

Kenaikan THR PNS Diajukan

MyPassion
Asman Abnur

MANADO—Ini info penting dan kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS) di Provinsi Sulawesi Utara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, mengajukan kenaikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Idul Fitri tahun ini.

Bagaimana persiapan Sulawesi Utara? Menurut Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Gamy Kawatu pihaknya masih menunggu petunjuk teknis.

Terkait tunjangan untuk anak, istri, dan juga tunjangan lain, seperti beras, katanya juga ada dan akan diterima. Namun, untuk teknis dirinya tidak terlalu menguasai.

“Memang ada, semua tunjangan akan diterima. Baik anak, istri serta juga tunjangan beras ada. Itu akan diterima. Namun saya tidak terlalu menguasai berapa nominal dari masing-masing tunjangan tersebut,” urainya.

Diketahui MenPAN-RB menyebutkan, pengajuan kenaikan THR tersebut sedang dalam proses. Sehingga, dia berharap THR tahun ini bisa naik dari tahun sebelumnya. “Baru kita ajukan (kenaikan THR). Jadi kita harapkan dalam waktu dekat sudah ada keputusannya. Sudah dalam proses. Tunggu saja,” katanya di Jakarta.

Namun, Asman belum bisa memastikan berapa besar kenaikan THR tersebut. Dia juga belum bisa memastikan terkait kapan keluarnya aturan terkait kenaikan THR pada Idul Fitri tahun ini. “Ya pokoknya sebelum lebaran kira berharap keputusannya sudah keluar semuanya. Saya tidak hafal (kenaikan THR yang diajukan),” ujar Asman.

Asman berharap kenaikan THR tahun ini bisa lebih besar dari Idul Fitri sebelumnya. Lebih lanjut, Asman menjelaskan, pengajuan kenaikan THR juga dibarengi dengan pengajuan kenaikan tunjangan kinerja dan tunjangan keluarga. Meski begitu, kata Asman, realisasi kenaikan tunjangan sangat bergantung pada anggaran yang tersedia.

“Doakan lebih baik dari tahun lalu. Enggak bisa saya katakan berapa persen (kenaikan THR). Dulu berdasarkan gaji pokok. Nah, saya sedang usulkan dimasukkan tunjangan baik keluarga maupun kinerja. Tapi ini sangat tergantung kesediaan anggaran. Mudah-mudahan lebih baik,” tuturnya.

“Saya tidak hafal jumlahnya. Tapi yang jelas usulan saya disamping gaji pokok dimasukkan tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja. Nah pensiunan juga diberikan THR. Jadi ini baru usulan. Nanti diharmonisasi,” tutupnya.(gnr)

Kirim Komentar