27 Apr 2018 18:38

Facebook Akhirnya Beri Jawaban ke Kemenkominfo, Begini Isinya

MyPassion
Ilustrasi: pengguna Facebook (Reuters)

MANADOPOSTONLINE.COM - Facebook akhirnya menjawab surat peringatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Hal ini terkait dengan kasus kebocoran data Facebook yang turut menyeret nama Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Kemenkominfo telah menerima surat balasan dari Facebook tertanggal 25 April.

"Facebook telah memberikan jawaban atas informasi yang kami mintakan klarifikasi. Facebook sudah melakukan pembatasan akses dan pemutusan aplikasi pihak ketiga sejenis CubeYou dan AggregateIQ," jelas Semuel seperti dilansir JawaPos.com.

Dia menjelaskan, saat ini Facebook sedang melakukan investigasi terhadap aplikasi pihak ketiga. Proses audit yang dilakukan Facebook juga masih berjalan dan membutuhkan waktu. Nantinya, perkembangan audit juga akan diinformasikan kepada pemerintah Indonesia.

"Selain surat tersebut, saya juga mendapat kabar bahwa ada petinggi Facebook yang akan datang ke sini untuk menjelaskan perkembangan lebih lanjut secara langsung kepada bapak Menteri Kominfo Rudiantara," ucap pria yang akrab disapa Semmy itu.

Semmy menambahkan bahwa pada prinsipnya, pemerintah dalam upaya mencegah terulangnya kasus penyalahgunaan data pribadi, akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, Semmy juga menyebut bahwa pemerintah akan melakukan percepatan dalam penyelesaian draft final Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang selanjutnya diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Diketahui sebelumnya, Kemenkominfo telah mengirim surat peringatan kedua kepada Facebook beberapa waktu lalu. Hal ini terkait dengan skandal kebocoran data pengguna Faceboook yang juga menyeret nama Indonesia. Dalam surat tersebut, Kemenkominfo meminta Facebook agar memblokir aplikasi pihak ketiga dalam hal ini Cambridge Analytica (CA) maupun sejenisnya. (jpg/mpo)

Kirim Komentar