25 Apr 2018 18:20

Ini Alasan Pemerintah Permudah Izin Tenaga Kerja Asing

MyPassion
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas T Lembong (Dok.JawaPos.com)

MANADOPOSTONLINE.COM - Pemerintah meyakini bahwa penerbitan aturan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja (TKA) semata-mata untuk mempermudah masuknya investasi ke dalam negeri. Naiknya investasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi ke depannya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong optimistis pelonggaran kebijakan terkait Tenaga Kerja Asing akan mendorong peningkatan investasi bisa sampai 20 persen.

"Jadi kalau ini benar-benar berjalan, reformasi dalam payung online submission saya kira 10-20 persen (peningkatan investasi di Indonesia) ada," ujar Lembong dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) di kantor Kemenkominfo, Senin (23/4).

Adanya Perpres 20/2018 tersebut memangkas prosedur dan birokrasi perizinan investasi dari luar negeri. Lewat beleid tersebut, pemerintah juga memberi kepastian terhadap investor.

"Yang kita inginkan adalah kalau iya ya iya, kalau tidak ya tidak. Jawabannya cepat. Jangan investor itu diputar-putar selama berbulan-bulan, dipingpong sana-sini yang berujung kepada pungli atau pemerasan," terang Lembong.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), pada akhir 2015 jumlah TKA di Indonesia sebanyak 77.149 orang. Sementara pada 2016 sebanyak 80.375 orang, sedangkan pada akhir 2017 jumlah izin kerja TKA yang masih berlaku sebanyak 85.974 orang.

12
Kirim Komentar