21 Apr 2018 10:14
Plate: Regulasi Atur Pembubaran

Tantang KPK Usut Korupsi Parpol

MyPassion

JAKARTA—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dituntut bertindak lebih tegas dalam upaya pemberantasan korupsi. Bukan hanya menyasar pelaku korupsi perorangan, melainkan juga korporasi termasuk partai politik (parpol).

 

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Johnny G Plate, dalam regulasi yang ada saat ini sudah diatur mengenai pembubaran parpol yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Meski demikian, lanjut Johnny, dibutuhkan keberanian dari komisi antirasuah dalam melakukan penuntutan terhadap partai.

"Sudah jelas di Undang-Undang Parpol mengatur pembubaran partai itu. KPK harus berani dong, kalau sudah jelas alur dana mengalir ke Munas, ke Rakernas, bubarkan partai itu," ungkap Johnny di Sanggar Prathivi Building, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (19/4).

Lebih lanjut Johnny mengatakan, dengan adanya aturan yang jelas dan telah termuat dalam undang-undang, maka yang dibutuhkan saat ini adalah keberanian KPK dalam bertindak. "Norma hukum jelas, tinggal tuntutan KPK, jaksa, tuntut orang, tuntut partai," tegas Johnny.

Meski demikian lanjut Johnny, dalam membubarkan partai, KPK harus menempuh jalur peradilan. Maka dari itu, hakim pun dituntut ketegasannya dalam mengambil keputusan. Dia menambahkan, akan sia-sia upaya penuntutan oleh KPK jika hakim mengabaikan kebenaran.

"Tapi keputusan itu hanya wakil Tuhan di bumi yang bisa menentukan, hakim," pungkas Johnny. (*/can)

Kirim Komentar