21 Apr 2018 09:41

Basarnas-TNI-Polda Seriusi Penanganan Bencana

MyPassion

MANADO—Sulawesi Utara jadi salah satu daerah yang rawan bencana alam. Berbagai upaya juga terus dilakukan elemen terkait, guna menangani musibah yang bisa datang kapan saja.

 

Disampaikan Kepala Kantor Badan Search and Rescue (Basarnas) Manado Muhammad Arifin, koordinasi dan komunikasi dalam suatu operasi SAR, merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan misi atau proses pertolongan dan penyelamatan.

“Salah satu kunci keberhasilan operasi SAR yaitu adanya hubungan baik dan harmonis antara Basarnas, TNI-Polri, pemda, masyarakat maupun organisasi potensi SAR,” beber Arifin di sela koordinasi antar potensi SAR, Jumat (20/4) kemarin.

“Untuk itu, Basarnas harus ditopang dan didukung oleh semua pengambil kebijakan. Juga bersama seluruh unsur aparat keamanan,” sambungnya.

Dirinya berharap, terbentuknya koordinasi yang lebih dengan Basarnas, bisa menangani musibah atau kecelakaan pelayaran di Sulut dengan cepat dan sangat tanggap. “Dengan begitu, secara tidak langsung kita juga menyelamatkan jiwa-jiwa orang banyak,” tukasnya.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut Wadanlantamal Kolonel Marinir Budi Purnama, Danlanudsri Manado Kolonel NAV Insan Nanjaya, Kabid Ops Bakamla Zona Maritim Tengah Letkol Laut (P) Heriwansyah P Agam.(rgm/gnr)

Kirim Komentar