20 Apr 2018 08:53
PT Wika Bisa Kena Sanksi

Astaga! Polri Temukan Material Berkarat di Lokasi Ambruknya Overpass Tol Manado-Bitung

MyPassion

MINUT—Ambruknya jembatan penghubung (overpass) jalan tol Manado-Bitung di Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara (Minut) mulai ada titik terang. Overpass yang dikerjakan PT Wijaya Karya (Wika) ini diduga bermasalah.

 

Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, Kamis (19/4) kemarin, menemukan sejumlah scaffolding (steleng) berkarat.

"Tim sudah menyita enam scaffolding dan empat beton sebagai barang bukti yang diamankan di Polres Minut," ujar salah satu Tim Puslabfor Mabes Polri, Kombes Pol Ulung Kanjaya.

Namun menurutnya, hal itu baru temuan, belum langsung bisa dipastikan itulah penyebabnya. "Masih akan diselidiki dan diteliti lebih lanjut," katanya.

Ketua Tim Penyidikan Direskrimum Polda Sulut Kombes Pol Hari Sarwono membenarkan pihaknya sudah mengambil sampel material bangunan tersebut. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan PT Wika untuk mengangkat beton yang sudah mengeras.

"Penyidikan ini tidak memakai target. Karena ini harus dibutuhkan kecermatan dan ketelitian, dan butuh waktu sesuai keadaan di lapangan," jelasnya.

Di tempat lain, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah XV Manado Riel Mantik mengatakan, tidak bisa menjawab penyebab ambruk.

Dia mengarahkan kepada tim pusat yang telah turun ke lokasi. "Jadi untuk menjawab pertanyaan akibat ambruknya konstruksi overpass ini akan dijawab mereka. Kami di sini hanya sebagai pelaksananya saja," katanya.

Dibeberkannya, saat ini komisi konstruksi sedang mencari dan menginvestigasi sebab-akibat runtuhnya bangunan tersebut. "Nanti, setelah selesai akan ada kajiannya. Dimana ada kejanggalan-kejanggalan tentang ambruknya jembatan ini," ujarnya.

Sedangkan Direktur Operasi 1 PT Wika Pusat Chandra Dwiputra tetap mengklaim pengerjaan sudah sesuai prosedur. "Bangunan ini sudah sesuai standar. Dari material hingga pengerjaannya sesuai aturan. Dan sudah diperiksa oleh PU serta konsultan," jelasnya.

Tetapi dikatakannya, apapun penyebab pastinya menunggu hasil pemeriksaan kepolisian.

12
Kirim Komentar