19 Apr 2018 18:48

Lokasi Bencana Ini Diubah Jadi Tujuan Wisata

MyPassion
Lokasi wisata. (lionmag.net)

MANADOPOSTONLINE.COM - Datangnya bencana alam memang tidak bisa diduga dan biasanya menyebabkan kerugian material hingga menelan korban jiwa. Tanpa bermaksud mengabaikan peristiwa yang tragis, beberapa lokasi bencana kini diubah menjadi atraksi wisata. Selain memiliki daya tarik unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain, juga menjadi pengingat akan dahsyatnya kekuatan alam yang tidak boleh diremehkan.

Menjelang liburan ada banyak promo tiket pesawat, tidak ada salahnya mengisi liburan dengan mengunjungi 4 tujuan wisata anti mainstream berikut ini. Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah kamu datangi.

 

Wisata Lumpur Lapindo

Tragedi yang terjadi lebih dari sepuluh tahun yang lalu diawali oleh pengeboran minyak yang dilakukan oleh PT Lapindo Brantas. Diduga kurang akurat saat proses pengeboran, jutaan kubik lumpur ke luar dan menenggelamkan 16 desa. Akibatnya, banyak warga mengungsi dan merelakan rumah maupun mata pencahariannya terendam lumpur yang di bendung.

Tak ingin putus asa dengan nasibnya yang tragis, kini lokasi semburan lumpur tersebut diubah jadi tempat wisata. Di salah satu titik, kamu bisa melihat patung-patung orang yang terlihat tenggelam dalam lumpur. Ada juga Pulau Sarinah, yang muncul dari endapan lumpur yang mengering. Ditumbuhi berbagai tumbuhan bakau, pulau ini cocok dijadikan tempat menikmati sunrise yang unik.

 

PLTD Apung I

Tsunami Aceh menutup tahun 2004 dengan tragis. Setelah dipicu gempa sebesar 8,3 Skala Richter di Laut Samudera Hindia, ombak setinggi 9 meter menelan hingga 197 ribu korban jiwa. Untuk mengenang peristiwa memilukan ini, banyak lokasi di Serambi Mekah ini yang kemudian dijadikan tujuan wisata dan tonggak sejarah, salah satunya PLTD Apung I.

Kapal pembangkit listrik yang terdampar ini termasuk salah satu kapal yang terhempas oleh kuatnya ombak. Memiliki berat hampir 2600 ton, PLTD Apung I ini kini dijadikan situs peringatan tsunami dan pusat edukasi yang berkaitan dengan tsunami.

12
Kirim Komentar