18 Apr 2018 08:23

Mantan Ketua BPMS GMIM dan Mantan Ketua KGPM Maju Calon DPD RI

MyPassion

MANADO—Tak hanya perebutan kursi legislatif yang mulai ramai dibicarakan, enam kursi di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) pun menarik disimak. Dari data yang diperoleh di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut), sejumlah nama populer hampir pasti akan bersaing. Tak terkecuali para tokoh agama seperti mantan Ketua BPMS GMIM Pdt HWB Sumakul dan mantan Ketua Pucuk Pimpinan KGPM Pdt Teddy Batasina.

Dari informasi yang dihimpun Manado Post, dua tokoh besar tersebut sudah mengambil user name di KPU Sulut bersama 29 nama lain. Di antara mereka ada yang dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi masyarakat (ormas), hingga legislator DPRD aktif. Nama incumbent DPD-RI saat ini pun menjadi kandidat. Salah satunya Stefanus BAN Liow.

Di sisi lain, komisioner KPU Sulut Dr Ardiles Mewoh mengatakan, khusus DPD-RI sedang dalam tahapan pengambilan user name. Dibeberkannya, setiap bakal calon harus memasukkan syarat minimal dukungan 2.000 lampiran foto copy KTP. “Ini diatur dalam pasal 183 UU Nomor 7 Tahun 2017,” ujarnya. Selain itu, syarat minimal persebaran harus 50 persen atau ada di delapan kabupaten kota. “Kalau tidak bisa dipenuhi akan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” tukasnya.

Selain Sumakul dan Batasina ada beberapa nama familiar yang siap maju di DPD-RI. Di antaranya dua legislator DPRD Sulut Decky Palinggi dan Meiva Lintang, kemudian istri politikus PDI Perjuangan Pricylia Rondo, mantan anggota DPD-RI Denny Tewu, dan beberapa nama lain.(cw-03/ria/gel)

Kirim Komentar