17 Apr 2018 15:37

Jangan Ada Mahasiswa Tidak Mampu Berhenti Kuliah

MyPassion

JAKARTA-Kucuran dana kredit pendidikan (student loan) dari BTN sebesar Rp 4,9 triliun memberikan harapan besar bagi Menristekdikti Mohamad Nasir terhadap kelanjutan dan kualitas studi mahasiswa Indonesia ke depannya.

"Saya mengapresiasi Bank BTN yang telah menginisasi pemberian kredit pendidikan. Saya harap kerja sama ini dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia," ucap Nasir di Jakarta, Selasa(10/4), seperti dilansir Jawa Pos.com (Grup Manado Post).

Nasir menjelaskan, banyak mahasiswa tidak menyelesaikan kuliahnya karena orangtua mereka tidak mampu menyekolahkan anaknya ke tingkat yang lebih tinggi. "Kita berharap jangan ada lagi mahasiswa tidak mampu terputus kuliahnya dengan alasan ekonomi," sambungnya. Untuk diketahui, Kemenristekdikti telah mengalokasikan anggaran beasiswa bidikmisi sebesar Rp 4,9 triliun.

Nasir bercerita dulunya dia juga menggunakan produk pembiayaan pendidikan bernama Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI). Atas pengalaman itu, mantan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang itu berharap kredit pendidikan dari Bank BTN dapat membantu anak Indonesia agar bisa menyelesaikan kuliahnya serta mendapat pekerjaan yang lebih baik.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Bank BTN Maryono memaparkan saat ini masyarakat Indonesia mulai menempatkan pendidikan sebagai kebutuhan dasarnya. Namun pemenuhan kebutuhan pendidikan tersebut masih terhalang masalah tingkat ekonomi.

Bahkan, per akhir 2017 Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, hanya 8,15 persen dari penduduk berumur 15 tahun ke atas yang berhasil menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang Perguruan Tinggi (PT).

"Melalui kredit pendidikan itu kami ikut berpartisipasi memenuhi kebutuhan pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia,” jelas Maryono.

"Kami akan terus menggelar kemitraan serupa dengan perguruan tinggi lainnya sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa mengenyam pendidikan tinggi,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bank BTN juga menggelar penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 24 perguruan tinggi di Indonesia.(ite)

Kirim Komentar