16 Apr 2018 16:29

Tenun Koffo Dipamerkan di Jakarta

MyPassion
TERTARIK: Stand pameran tenun Koffo. Foto lain; owner COFO Cindy Wowor foto bersama Meutia Hatta.(dok COFO)

MANADO—Tenun Koffo kini menasional. Kain yang diproduksi COFO itu dipamerkan di gedung Smesco Jakarta, dalam iven Dekranas akhir Maret lalu. Pada pameran yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM itu, stand Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menampilkan produk unggulan  kain tenun Koffo.

Lebih dahsyat lagi, dari 287 pelaku usaha ekonomi kreatif yang mendaftar seluruh Indonesia untuk mengikuti pameran Nasional Adiwastra 2018 di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) 11-15 April 2018, melalui tahapan kurasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), terpilih 12 pelaku usaha ekonomi  kreatif yang difasilitasi booth. Salah satunya COFO.

Owner COFO Cindy Wowor mengatakan, misi menghidupkan kembali kain tenun Koffo membuatnya menampilkan produk kain inspirasi dari tenun berupa motif dekoratif geometri. “Ini diaplikasikan dalam tenun serat abaka, tenun sutra, dan tenun katun,” sebutnya.

Di samping  itu, dalam pameran tersebut, COFO menampilkan terobosan baru. Berupa aplikasi motif bentuk pull foam dan pigment pada kain dengan sentuhan modern tanpa meninggalkan unsur budaya tenun Koffo. “Yaitu tenun buatan tangan yang dikemas sesuai tema pameran Adiwastra 2018,” ujarnya.

Dia mengatakan, kain tenun Koffo juga menampilkan produk inspirasi kain yang dibuat di Sangihe tahun 1924-1930. Ini merupakan master piece COFO. “Kain Asli ini mendapatkan perhatian khusus dari Cita tenun Indonesia serta pemerhati budaya untuk terus dilestarikan masyarakat setempat karena sangat kaya akan nilai budaya dan sejarahnya,” tukasnya sembari berharap, dari ajang pameran nasional ini, masyarakat luas mengenal keberadaan kain Koffo dari Sangihe Talaud.(gel)

Kirim Komentar