16 Apr 2018 16:21
Posisi Guru SMA/SMK Terbanyak

THL Sedot 150 Miliar APBD

MyPassion
KRITISI: Suasana pembahasan Pansus LKPJ dengan Pemprov Sulut, akhir pekan lalu. Rapat tersebut berlangsung hingga tengah malam.

MANADO—Personel tenaga harian lepas (THL) di Pemprov Sulut hingga April 2018 berjumlah 4.891. Mereka tersebar di organisasi perangkat daerah (OPD). Terbanyak di Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) sekira 1.860 orang, yang didominasi guru. Menariknya, nominal anggaran yang dialokasikan untuk pembayaran honor cukup besar yakni sekira Rp 150 miliar.

Angka tersebut dibeberkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh di hadapan panitia khusus (Pansus) LKPJ Gubernur 2017, akhir pekan lalu. “Mereka diperbantukan di OPD yang memang membutuhkan, mengingat sudah beberapa tahun ini dilakukan moratorium penerimaan pegawai oleh pemerintah pusat,” beber Suluh.

Dia melanjutkan, ribuan THL tersebut sebelum diterima harus melalui tes lebih dahulu. Sejumlah anggota pansus yang diketuai Ferdinand Mewengkang ini menyorot jumlah THL yang cukup banyak. “Kami berharap ini bukan karena balas budi,” ujar pansus. Ditambahkan Amir Liputo, karena menyedot cukup besar anggaran di APBD maka harus dipastikan penempatan THL sesuai dengan kebutuhan perangkat daerah.

“Misalnya saja di Dinas Perhubungan. Saat hearing beberapa waktu lalu salah satu kendala mereka adalah kurangnya THL. Hal yang sama terjadi di Badan Penanggulangan Bencana. Sementara ada dinas lain yang THL-nya sudah cukup banyak. Ini harus disikapi bijak,” papar Wakil Ketua Komisi III ini.

Pansus juga meminta instansi terkait tidak sembarangan merekrut THL. “Harus mempertimbangkan produktivitas yang bersangkutan,” tambah Liputo.

Kesempatan itu, Sekprov Edwin Silangen memastikan THL yang direkrut Pemprov Sulut sudah sesuai mekanisme. “Karena mereka juga dites dan pembagian ke perangkat daerah sesuai kebutuhan,” pungkasnya.(tr-02/gel)

Kirim Komentar