16 Apr 2018 15:37

Sasar Perlindungan Driver Transportasi Online

MyPassion
DIBERI PERLINDUNGAN: Mitra kerja Go-Jek saat melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dalam acara kolaborasi yang dihelat Sabtu (14/4).

MANADO—Perlindungan melalui jaminan keselamatan kerja patut dimiliki semua pekerja.  Termasuk driver transportasi online. Karenanya, Badan Pekerja Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyasar seluruh mitra kerja transportasi online untuk diberikan fasilitas perlindungan.

Kepala kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Manado Asri Basir mengatakan, pihaknya menyasar perlindungan pekerja informal yang tergabung dalam mitra kerja transportasi online, seperti Go-Jek. “Keberadaan BPJS Ketenagakerjaan ini untuk memberikan perlindungan termasuk melalui kerjasama dengan Go-Jek,” jelas Basir.

Dia menjelaskan, hanya dengan Rp 16.800 setiap bulan mitra Go-Jek dapat menerima manfaat berupa jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM). “Tidak ada target khusus. Yang pasti kami akan memberikan perlindungan kepada semua driver yang ingin mendaftar,” katanya.

Terobosan BPJS Ketenagakerjaan dan Go-Jek ini mendapatkan apresiasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kepala OJK Sulugomalut Elyanus Pongsoda mengatakan, hal ini merupakan terobosan yang luar biasa dan bisa membantu pemerintah meningkatkan inklusi keuangan terutama untuk jaminan sosial.

“Pemberian kemudahan akses terhadap jaminan sosial merupakan bagian dari peningkatan inklusi keuangan terutama di kalangan pekerja sektor informal. Semoga ke depannya bisa terus berjalan dengan baik,” ucap Pongsoda sembari berharap dengan adanya program ini semakin banyak pekerja di sektor informal yang akan menyadari pentingnya perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Di sisi lain, pihak Go-Jek pun berkomitmen untuk memberikan perlindungan serta mempermudah layanan jasa keuangan kepada mitra. “Termasuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan pada sektor BPU,” ungkap Senor Vice President Public Policy and Government Relations Go-Jek Indonesia Malikulkusno Utomo di sela acara Kolaborasi Go-Jek dan BPJS Ketenagakerjaan Sabtu (14/4) pekan lalu. (tr-01/fgn)

Kirim Komentar