16 Apr 2018 16:11

Pelunasan BPIH Hingga 4 Mei

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Setelah besaran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler keluar beberapa waktu lalu, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan jadwal pelunasan. Untuk tahap pertama, pelunasan dibuka pada 16 April hingga 4 Mei.

 

Kabid PHU Kemenag Sulut H Abd Aziz Tegela, melalui Kasie Pengelolaan Keuangan Haji Saleh Lababa SE menuturkan, dengan terbitnya Kappres BPIH dan jadwal pelunasan dari Kemenag, calon jamaah haji (CJH) Sulut diminta bersiap untuk biaya pelunasannya. “Ketika masa pelunasan biaya haji resmi dibuka, jamaah bisa langsung membayar uang pelunasan di kantor bank tempat menyetorkan uang muka haji dahulu,” katanya.

Diketahui, tahun ini sekira 710 CJH asal Sulut, siap berangkat ke tanah suci Makkah. Selain itu ada tambahan sekira lima orang yang masuk dalam tim pemandu haji daerah (TPHD) yang ditetapkan gubernur. “TPHD ini untuk membantu ketua kloter, yang terdiri dari pemandu haji, unsur kesahatan, serta pembimbing ibadah dan lainnya. Jadi total sekira 715 yang akan berangkat ke Arab Saudi tahun ini," terangnya.

Untuk biaya, CJH Sulut yang masuk embarkasi Balikpapan, dikenakan ongkos sekira Rp 38,5 juta. Sementara untuk TPHD lebih mahal hampir dua kali lipat di banding jamaah pada umumnya, yakni Rp 66,2 juta

Untuk keberangkatan masih menunggu jadwal dari Kemenag RI. "13 embarkasi punya jadwal masing-masing. Cuma pelaksanaanya sama, tidak beda jauh. Jadi untuk Sulut, belum tahu kloter barapa di embarkasi. Kemungkinan menunggu pencabutan undi. Tapi biasanya sekira akhir Juli berangkat ke Arab Saudi dari Balikpapan. Sebelum berangkat, CJH akan diberikan pembekalan Manasik di kabupaten/kota," tutupnya

Sementara itu, Kasubdit Kemenag RI Noer Alya Fitra mengatakan, surat resmi dari Kemenag terkait pelunasan BPIH memang belum keluar. Namun, dia memastikan bahwa para calon jamaah mulai hari ini (16/4) sudah bisa melunasi ongkos haji.

Nafit mengatakan, Kemenag sudah berkoordinasi dengan bank penerima setoran (BPS) terkait mulai dibukanya masa pelunasan itu. Dia berharap selama proses pelunasan BPIH, tidak ada gangguan dalam sistem perbankan yang langsung tersambung ke Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) Kemenag.

Selain itu dia menjelaskan jika nanti sampai pelunasan tahap pertama ditutup masih ada sisa kuota, bakal dibuka pelunasan tahap kedua. Kemenag sudah menetapkan bahwa pelunasan tahap kedua digelar pada 16 Mei–25 Mei. “Salah satu penyebab sisa kuota bisa dari CJH yang dinyatakan tidak istitha’ah (mampu) dari sisi kesehatan,” tukasnya.(cw-03/tan)

Kirim Komentar