16 Apr 2018 15:14

Pantau Penggunaan Medsos pada Anak

MyPassion

SITARO—Maraknya berita hoax maupun konten tidak layak yang beredar di kalangan pengguna media sosial (medsos) terus mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro. Saat diwawancarai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Hans Kalangit mengingatkan, seluruh pengguna medsos tidak sembarangan mempercayai isu ataupun membagikan konten tidak layak, seperti ujaran kebencian maupun berbau pornografi.

"Sebab kita tahu, medsos ini tidak hanya digunakan orang dewasa. Banyak juga anak-anak. Sebaiknya kita tidak menyebarkan hoax maupun konten tidak layak. Ini secara tidak langsung mempengaruhi psikologi maupun perkembangan anak," ucapnya.

Apalagi, kata Kalangit, banyak contoh kasus di luar daerah terkait penggunaan medsos dengan tidak benar. Sehingga mengakibatkan kerugian bagi orang lain. “Bahkan banyak terjadi tindakan kriminal akibat medsos. Mulai dari penipuan, transaksi ilegal, prostitusi, dan sebagainya," tegas Hans, sapaan akrabnya.

Ia pun berharap, agar orang dewasa juga turut mengawasi penggunaan medsos pada anak. "Jangan sampai mereka mencari hal-hal yang ilegal dan mencontoh. Seperti budaya-budaya ada di luar," tandasnya.(drp/gel)

Kirim Komentar