16 Apr 2018 16:30

Orang Tua Dilarang Intervensi Anak

MyPassion

SITARO—Orang tua dilarang mengintervensi anaknya yang masuk pemilih pemula. Hal ini ditegaskan Ketua KPU Sitaro Stephen Londok, kemarin. Menurutnya, pemilih pemula harus diberikan kebebasan memilih sesuai hati nurani. Untuk itu, pemilih pemula juga diharapkan memahami visi dan misi pasangan calon (paslon).

 

"Sebagai orang tua kita hanya sebatas mengarahkan, namun kalau sampai memaksakan, tentu saja tidak baik bagi perkembangan anak," ujarnya.

Lanjutnya, pilkada serentak ini juga merupakan pembelajaran politik bagi generasi muda. “Maka sudah selayaknya kita melakulan pendampingan namun jangan dipaksakan. Biarlah mereka bertumbuh dan memiliki pilihan sendiri. Jangan merusak kemurnian dari seorang pemilih pemula, apalagi dengan berbagai paksaan," tegasnya.

Dia juga mengajak semua pemilih pemula berpartisipasi dalam hajatan demokrasi lima tahunan ini.

Sementata itu, Karina Stirman, salah satu pemilih pemula di SMA Negeri 1 Siau Barat mengaku bingung menentukan pilihan saat pilkada nanti. "Sebab saya masih baru, untuk itu saya perlu melihat visi dan misi para pasangan calon. Sebab kalau dari media sosial banyak hanya isu dan kabar hoaks," singkat siswi kelas 12 SMA tersebut. (drp/can)

Kirim Komentar