16 Apr 2018 15:06

Kristen Ortodoks Gunakan Sorban dan Kerudung

MyPassion
Jemaat Gereja Kristen Ortodoks Ethiopia. (Frank Gardner)

MANADOPOSTONLINE.COM - Banyak yang belum tahu tradisi dan cara ibadah Kristen Ortodoks Ethiopia. Di mana jemaat prianya memakai sorban, sedangkan jemaat perempuannya memakai kerudung.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia.com, Kristen Ortodoks Ethiopia adalah salah satu aliran agama Kristen tertua di Afrika. Pusatnya berada di Lalibela, sekitar 340 kilometer sebelah utara Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa.

Di Lalibela sendiri terdapat 11 gereja tua. Setiap gereja unik karena dibangun di dalam lereng gunung. Salah satunya adalah Gereja Santo Giorgis yang dibangun pada abad ke-12. Diperlukan 20 tahun untuk membentuk bangunan yang menjadi Warisan Dunia versi UNESCO ini.

Pembangunan Gereja Santo Giorgis dicetuskan Kaisar Ethiopia, Gebre Mesqel Lalibela, yang ingin menciptakan tempat ziarah alternatif bagi umat Kristen Ortodoks Ethiopia, lantaran saat dia berkuasa umat Muslim masih menguasai Kota Jerusalem. Lalibela merupakan ibu kota Ethiopia hingga abad ke-13.

Selain itu, keunikan Jemaat Gereja Kristen Ortodoks Ethiopia rela melakukan napak tilas sejauh ratusan kilometer untuk mencapai Lalibela saat Minggu Palem. Dalam prosesi menjelang Paskah, ratusan peziarah juga berjalan mengelilingi Gereja Santa Maria di Axum sambil memohon ampunan dosa. (ite)

Kirim Komentar