16 Apr 2018 14:13

Kapolda Sulut Rombak Posisi Perwira

MyPassion
Bambang Waskito

MANADO—Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara Irjen Pol Bambang Waskito, merotasi puluhan perwira. Berdasarkan dua surat telegram resmi bernomor: STR/343/IV/KEP/2018 dan STR/344/IV/KEP/2018, ada 64 pejabat dimutasi, untuk segera menempati posisi yang baru per tanggal 14 April 2018.

Pertama, dalam STR/343/IV/KEP/2018 hanya empat nama yang tercantum. Yaitu Kompol Effendi Tubagus, dari Kabagops Polres Bolmong, kini dipromosi menjadi Kanit II Ditreskrimum Polda Sulut. Posisinya akan digantikan Kompol Fredy Wowor, yang saat ini masih menjabat Kasibinluh Subdit Binluh Ditbinmas Polda Sulut.

Kemudian, AKP Tusman Lomboan, dari Kasatintelkam Polres Bolmong, bakal menjabat Panit Unit I Subdit II Ditintelkam Polda Sulut. Sementara posisi Lomboan tersebut akan digantikan AKP Sismoro Haroni, Kanit I Subditwisata dari Ditpamovit Polda Sulut.

Lalu dalam telegram kedua bernomor STR 344/IV/KEP/2018, tercatat ada 60 nama yang mengalami perpindahan posisi. Diantaranya, AKBP Henry Arnold Kolondam, dari  Kasubditabinsatpam Polsus Ditbinmas Polda Sulut, diangkat dalam jabatan baru sebagai perwira menengah Polda Sulut (dalam rangka pensiun). Posisi Kolondam akan ditempati AKBP Bambang Dwi Djatmiko, saat ini masih menjabat Kasubditbintibluh Ditbinmas Polda Sulut. Sementara AKBP Ganda Parulian Purba diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubditbintibluh Ditbinmas Polda Sulut.

Selanjutnya ada nama AKBP Alfianto Djojohikrat. Ia kini diangkat sebagai Kabagbinopsnal Ditpolair Polda Sulut, sebelumnya ia menjabat  Kasatrolda Ditpolair Polda Sulut. Posisi Djojohikrat akan digantikan AKBP Mentas Sianturi, yang masih menjabat Kasubbidtekkom Bidang TIK Polda Sulut.

Perwira menengah lainnya yang dipromosi Kapolda, yaitu AKBP Joudy Kalalo. Kini dirinya diangkat sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sulut. Sebelumnya, Kalalo menjabat Kasubit I Ditreskrimum Polda Sulut. Lalu AKBP Piet Benediktus Ansiga, dari penyidik Madya III Ditreskrimsus Polda Sulut, yang akan menggantikan jabatan dari AKBP Joudi Kalalo.

Dalam telegram tersebut, menurut Kapolda Irjen Pol Bambang Waskito, mutasi itu sudah berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia. Juga sesuai Peraturan Kapolri Nomor 16 Tahun 2012 tentang Mutasi Anggota Polri. Yang ketiga sesuai Keputusan Kapolda Sulut Nomor: Kep/77/IV/2018 tanggal 12 April 2018 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Perwira Polri dan Penempatan Perwira Lulusan STIK-PTIK Angkatan ke-73 Tahun 2018 di Lingkungan Polda Sulut.

“Dimohon agar para personel tersebut diperintahkan untuk segera melaksanakan tugas baru. Paling lambat tujuh hari, terhitung mulai tanggal ditetapkan keputusan mutasi,” bunyi poin ccc, dalam mutasi yang ditandatangani langsung oleh Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulut Kombes Pol Falahadin SH, atas nama Kapolda Sulut.(gnr)

Kirim Komentar