16 Apr 2018 16:19

Dua Pasien Jantung Berhasil di Operasi

MyPassion
SUKSES: Tim dokter RSUP Kandou usai mengoperasi pasien jantung, pekan lalu.

MANADO—Dua pasien jantung berhasil dioperasi dokter bedah jantung dari RSUP Kandou Manado, berkolaborasi dengan tim RS Harapan Kita Jakarta. Operasi dilakukan selama dua hari. Jumat (13/4) dan Sabtu (14/4), pekan lalu. Direktur Utama dr Maxi R Rondonuwu DHSM MARS melalui Kasubag Hukormas Meike Dondokambey SH menjelaskan, operasi bedah jantung terbuka sudah beberapa kali dilaksanakan di RSUP Kandou Manado.

Kali ini dilakukan pada dua pasien. “Operasi ini menggunakan prosedur pembedahan Coronary Artery Bypass Grafting (CABG),” ujarnya. Tim RS Harapan Kita Jakarta dipimpin Dr Dudy Hanafi SpBTKV sementara RUSP Kandou dikoordinir dr Adrian Tangkilisan SpBTKV. Tim ini didukung dokter spesialis anestesi jantung, perfusionis, dan scrub ners ICU Bedah. Dia mengatakan, dokter bedah pada umumnya melakukan CABG untuk terapi kasus penyakit jantung koroner parah.

Lanjutnya, CABG digunakan untuk terapi penyumbatan yang parah dan secara nyata mengurangi kemampuan jantung untuk efektif memompakan darah ke seluruh tubuh. “Terapi ini juga memulihkan aliran darah normal ke otot jantung, dan juga meredakan gejala yang terkait dengan penyakit jantung koroner, termasuk angina (nyeri dada),” ungkapnya.

Dia menambahkan, prosedur ini menurunkan risiko serangan jantung. Khususnya bagi pengidap diabetes. “CABG pun memperbaiki peluang Anda bertahan hidup dan memungkinkan Anda melanjutkan kembali gaya hidup normal,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar