16 Apr 2018 15:15

Dandes Tunggu Transfer Pusat

MyPassion

SITARO—Pencairan dana desa (Dandes) tahap II di Kabupaten Kepulauan Sitaro masih menunggu transfer dana pusat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Herry Lano. Meski begitu, ia mewajibkan seluruh desa mempersiapkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan dandes tahap I.

"Hal ini juga sesuai PMK 225/PMK.07/2017 tentang perubahan kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 terkait pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa. Tertera, pencairan dandes tahap II disalurkan paling cepat Maret dan paling lambat minggu IV Juni. Dengan besaran 40% dari total anggaran," ujarnya

Dia melanjutkan, perangkat desa wajib memasukkan laporan realisasi penyaluran dandes tahun sebelumnya, laporan konsolidasi realisasi penyerapan, dan output pelaksanaan dandes 2017. "Kita juga mengingatkan setiap desa mempersiapkan dengan matang pelaksanaan proyek fisik. Ini saran BPK maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk meminimalisir temuan maupun kesalahan dalam pertanggungjawaban," kuncinya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Marlon Dalentang menambahkan, untuk ADD akan dibagi menjadi dua tahapan pencairan. "Yakni Januari tahap pertama 60% dan 40% tahap dua diberikan semester berikutnya. Alokasinya dalam jangka waktu enam bulan. Persyaratannya juga harus memberikan laporan pertanggungjawaban dalam penggunaan ADD semester pertama," singkatnya. (drp/gel)

Kirim Komentar