14 Apr 2018 10:29

Facebook Belum Penuhi Panggilan Polri

MyPassion

JAKARTA—Setelah mangkir dari panggilan Komisi I DPR pada Rabu (11/4) lalu, Facebook juga belum memenuhi panggilan yang dilayangkan oleh Bareskrim Polri. Alasannya, petinggi FB di Indonesia masih mengumpulkan data agar bisa menjawab permintaan keterangan dari penyidik.

 

Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menuturkan, Direktur Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipid Siber) Bareskrim Brigjen Rahmat Wibowo telah dihubungi perwakilan  Facebook di indonesia. Namun, pihak Facebook  mengaku  masih mengumpulkan data terkait penyalahgunaan data yang dilakukan oleh Cambridge Analytica. “Dia minta waktu,” jelasnya.

Maka, dengan permintaan itu, Setyo mengatakan kemungkinan Facebook baru bisa dimintai keterangan minggu depan. ”Hari atau tanggal pastinya belum diketahui,” terang mantan Wakabaintelkam tersebut.

Yang pasti, akan ditelisik motif dari pencurian data 1 juta warga Indonesia tersebut apakah untuk kepentingan politik seperti di Amerika. Atau, malah untuk tujuan yang berbeda. ”Jelas akan didalami soal itu,” ujarnya.

Apakah ada kemungkinan untuk kepentingan iklan? Dia menuturkan bahwa pemeriksaan masih berlanjut. Belum bisa disimpulkan dengan pasti tujuan apa dibelakang pencurian data 1 juta orang Indonesia. ”Yang pasti, hak warga Indonesia harus dilindungi,” tegasnya.(jpg/tan)

Kirim Komentar