14 Apr 2018 11:08
Pemerintah Harus Bantu

SMP Banyak Tidak Miliki Komputer

MyPassion
Deysie Lumowa

MANADO—Sekolah Menengah Pertama (SMP) banyak yang tidak memiliki fasilitas komputer. Ini terbukti dari 103 SMP di Kota Manado hanyak 33 sekolah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

 

”Ada 70 SMP tidak mengikuti UNBK karena tidak memiliki fasilitas komputer,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado DR Deysie Lumowa MPd.

Menurut dia, 70 SMP tidak memiliki fasilitas yang memadai akan menjalani ujian manual melalui sistem kertas pensil.”Tidak bisa dipaksakan sekolah yang tidak memiliki fasilitas lengkap mengikuti UNBK,” sebutnya.

Dia berharap, pelaksanaan UN SMP 23-26 April nanti, berjalan dengan lancar, baik menggunakan sistem UNBK maupun manual.”Agar siswa dapat mendapatkan hasil maksimal dalam UN,” harapnya.

Terpisah, Pengamat Pendidikan Sulut DR Ferry Mandang meminta Pemeritah Kota Manado harus membantu SMP agar di tahun depan bisa mengikuti UNBK.”UNBK sangat efektif dan efisien. Karena bisa mengurangi biaya cetak, pengawalan naskah dan kesalahan soal. Juga UNBK bisa meminimalisir kecurangan dalam UN,” pungkasnya.(ela/ite)

Kirim Komentar