14 Apr 2018 10:30

Banjir Durian di Ambon

MyPassion
PANEN BESAR: Festival durian yang digelar pemerintah Kota Ambon, akhir pekan lalu.(FB Waty Thenu)

Banjir Durian di Ambon //

FB Waty Thenu

PANEN BESAR: Festival durian yang digelar pemerintah Kota Ambon, akhir pekan lalu.

AMBON—Penggemar durian pasti ngiler dengar informasi ini. Di Kota Ambon harga durian hanya Rp 10 ribu untuk tiga buah. “Murah, karena Kota Ambon sekarang kebanjiran buah durian," kata Sartje, seorang pedagang musiman asal Desa Soya, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon), seperti dilansir tempo.co.

Harga itu jauh lebih rendah dibanding saat awal bulan Maret. Saat itu harga durian mencapai Rp 100 ribu untuk enam buah. Menurut Sartje, terjun bebasnya harga durian itu karena masuknya aneka jenis buah-buahan dari Pulau Seram—termasuk durian.

Agar dagangannya laku, mau tak mau para pedagang terpaksa menurunkan harga penjualan di pasaran. "Penurunan harga seperti ini membuat omzet penjualan juga kecil karena harus dikurangi dengan biaya transportasi," kata Sartje.

Wilayah Maluku, khususnya untuk Pulau Ambon, Seram, dan Lease tahun ini memang mengalami panen aneka jenis buah seperti durian, rambutan, mangga, atau pun gandaria. Namun yang paling menonjol adala buah durian.

Saban hari mobil-mobil truk dari Kabupaten Seram Bagian Barat atau pun Kabupaten Maluku Tengah masuk Kota Ambon dengan mengangkut ribuan buah durian. Sementara desa-desa di wilayah Ambon seperti di Kecamatan Leihitu dan Salahutu, (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah atau pun Kecamatan Leitimur Selatan dan Kecamatan Sirimau juga tengah panen aneka jenis buah-buahan, khususnya durian, rambutan, serta gandaria.

Anjloknya harga durian membuat para pedagang pengumpul tak mau ambil risiko. Durian murah tentu membuat para penggila buah berkulit duri itu bagai pesta.(tan)

Kirim Komentar