14 Apr 2018 10:43

1.598 Calon Polisi Sepakat Tolak Kecurangan

MyPassion
CALON PENGAYOM MASYARAKAT: Pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas, untuk mewujudkan penerimaan Polri yang berintegritas, digelar di Auditorium Unsrat, Jumat (13/4).(Humas Polda)

MANADO—Kurang lebih 1.598 putra-putri dari berbagai daerah di Sulawesi Utara memadati auditorium Universitas Sam Ratulangi, Manado, Jumat (13/4). Kehadiran mereka dalam rangka mengikuti kegiatan pengambilan sumpah, pembacaan dan penandatanganan pakta integritas penerimaan anggota Polri Terpadu (Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama) tahun 2018.

Masing-masing elemen, baik panitia, para peserta, pengawas maupun orang tua yang juga hadir dalam acara tersebut, diambil sumpah agar tidak terlibat dalam KKN penerimaan anggota Polri.

“Ini merupakan salah satu bentuk keterbukaan Polri pada proses penerimaan anggota Polri, yang salah satu isinya yaitu tidak akan melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam penerimaan terpadu anggota Polri T.A. 2018,” ujar Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Hotman Simatupang, saat membacakan amanat Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, didampingi Karo SDM Kombes Pol Iftah Falahadin, dan Ketua Tes Akademik Kombes Pol Sambodo.

Oleh karena itu menurut Irwasda, untuk mendapatkan calon anggota Polri yang dimaksud, maka proses penyelenggaraan penerimaan dilakukan dengan prinsip (BETAH) bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Di tahun 2018 ini, institusi Polri akan merekrut 8.950 personel yang terdiri dari Taruna Akpol 250 orang (pria 220, wanita 30), Bintara PTU dan Bintara kompetensi khusus 8.400 orang (pria 8.000, wanita 400) serta Tamtama Polri 300 orang.

Dirinya juga menyampaikan penekanan dari Kapolda Sulut. Di mana, bagi panitia penerimaan agar mempedomani Surat Telegram Kapolri tentang penerimaan/rekrutmen terpadu anggota Polri T.A. 2018 dengan target clear and clean. “Kepada pengawas baik internal maupun eksternal untuk menyaksikan/mengawasi pelaksanaan tiap tahapan seleksi secara ketat dan berkesinambungan,” tegasnya.

Kepada para orang tua/wali, untuk tidak percaya pada janji maupun harapan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Yang mengatakan mampu meluluskan putra-putrinya menjadi anggota polri dengan imbalan sejumlah uang. Kemudian para calon peserta anggota Polri TA 2018 agar menyiapkan diri secara sungguh-sungguh, sehingga dapat mengikuti seluruh tahapan seleksi dengan baik.

Jaga semangat dan persiapkan mental yang tangguh, yakni ”siap untuk lulus dan siap untuk tidak lulus”, sehingga apabila berhasil tidak lupa diri dan apabila belum berhasil tidak akan berputus asa. Senantiasa selalu berdoa kepada tuhan yang maha kuasa, untuk kelancaran, keselamatan dan kesuksesan dalam mengikuti seleksi.

“Kepada peserta seleksi agar tidak berusaha menggunakan sponsor, koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon, surat kepada panitia, pejabat yang berwenang melalui orang tua, wali, keluarga atau pihak lain, karena akan didiskualifikasi,” pungkas Irwasda

Diketahui, sampai akhir pendaftaran, animo peserta seleksi untuk Panitia Daerah Sulut yaitu Taruna Akpol sebanyak 86 orang (67 pria, 19 wanita), Bintara PTU 1.476 (1.261 pria, 215 wanita), Bintara TI 2 (2 pria, wanita nihil), Bintara musik nihil, Bintara kimia 2 (2 pria, wanita nihil), Bintara penerbangan nihil dan Bintara pelayaran 5 (5 pria, wanita nihil) serta Tamtama 113 pria.(gnr)

Kirim Komentar